Mahmud Marzuki dan Datuk Tabano Diusulkan sebagai Pahlawan Perjuangan Nasional dari Kampar


Senin, 05 Juli 2021 - 16:24:24 WIB
Mahmud Marzuki dan Datuk Tabano Diusulkan sebagai Pahlawan Perjuangan Nasional dari Kampar Rapat pengusulan Mahmud Marzuki dan Datuk Tabano sebagai pahlawan Nasional dari Kabupaten Kampar

RIAUIN.COM - Bupati Kampar, yang diwakili Sekda Kampar, Drs.H. Yusri, M.Si, pimpin rapat pengusulan Mahmud Marzuki dan Datuk Tabano sebagai pahlawan Nasional yang dilaksanakan di ruang rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar pada Senin, (4/7).

Menindaklanjuti hasil rapat tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M.Si menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar akan segera merevisi Surat keputusan tim (Tim Percepatan Pembangunan Daerah) TP2D dengan menambah sejumlah akademis, tokoh-tokoh masyarakat untuk menunjang kinerja dari tim ini.

Selanjutnya Yusri juga mengatakan tim akan bekerja setelah dilakukan revisi, dan akan selalu berkoordinasi dengan Tim TP2D Provinsi Riau. Dijadwalkan pada Desember telah terkumpul bukti-bukti yang memperkuat tentang keabsahan pahlawan-pahlawan perjuangan di Kabupaten Kampar.

Ditambahkan Sekda, tim ini akan bekerja fokus untuk satu usulan dahulu, hingga ada keputusan akhir pada tahun 2022. Jika gagal, masih banyak pahlawan daerah yang akan kita usulkan kembali ke Kementerian Sosial dijakarta.

“Untuk anggaran tim telah diambil keputusan agar dilimpahkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Kampar dan Bupati akan memanggil dinas terkait untuk memasukkan anggaran Tim TP2D”ucap Sekda.

Yusri juga mengatakan perjuangan untuk mengusulkan kedua pahlawan ini sebagai pahlawan nasional telah mencapai tahap 70 persen, diharapkan sisa dapat segera terealisasi secepatnya.

Rapat pengusulan Mahmud Marzuki dan Datuk Tabano sebagai Pahlawan Nasional juga dihadiri tokoh masyarakat Kabupaten Kampar diantaranya Azaly Johan, Prof. Soewardi, M.S, Yusri Munaf dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau serta Ketua MUI dan sejumlah tokoh undangan masyarakat lainnya. -vie