Budidaya Louhan Masih Diminati Warga Pekanbaru.


Jumat, 02 Juli 2021 - 23:28:48 WIB
Budidaya Louhan Masih Diminati Warga Pekanbaru. Usaha budidaya Ikan louhan di Pekanbaru masih menjanjikan. | Foto : Istimewa.

RIAUIN.COM- Budidaya ikan louhan masih cukup diminati oleh sebagian warga di Pekanbaru, karena nilai jualnyaa yang masih bertahan tinggi dan permintaan juga masih cukup stabil.

"Budidaya ikan ini cukup menguntungkan untuk tambah-tambah penghasilan, mengembangbiakannya juga tidak terlalu susah yang penting kita sabar dan teliti," kata Andes, seorang pembudidaya ikan louhan di Pekanbaru, Jumat (2/7/2021).

Menurutnya, untuk membudidayakan ikan ini butuh kesabaran dan ketelitian agar telur-telurnya nanti dapat menetas dan menghasilkan anak louhan yang bagus.

"Untuk anakan louhan usia 2 minggu sudah bisa diberikan makan kutu air. Selanjutnya, usia sebulan sudah bisa diberikan makan cacing beku," katanya.

Ia menyampaikan untuk harga jual ikan lohan bervariatif tergantung  jenis dan ukurannya.

Harga ikan louhan yang seukuran jari telunjuk orang dewasa saya bandrol dengan harga Rp50.000 hingga Rp150.000 perekornya. Sedangkan lohan yang sudah dewasa Rp300.000 hingga Rp1.000.000.

Demikian juga dengan Rini yang saat ini sedang belajar untuk membudidayakan ikan louhan. Ia mengatakan, baru pertama kali memelihara ikan jenis tersebut dan masih belajar untuk membudidayakannya.

"Yang betinanya sudah tiga kali bertelur namun hingga sekarang masih belum ada yang menjadi anakan, semuanya gagal," ujarnya. -cr01