Selamatkan Pertanian, Sekda Kampar Yusri Imbau Masyarakat Stop Galian C


Jumat, 02 Juli 2021 - 09:25:42 WIB
Selamatkan Pertanian, Sekda Kampar Yusri Imbau Masyarakat Stop Galian C Sekda Kampar Yusri Drs Yusri MSi melakukan Panen Raya Padi di Kelurahan Pulau Kecamatan Bangkinang. Kamis (1/7/2021).

RIAUIN.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs Yusri MSi yang juga Ketua KTNA Provinsi Riau melakukan Panen Raya Padi di Kelurahan Pulau Kecamatan Bangkinang. Kamis (1/7/2021).

Seusai lakukan panen raya padi mendorong keberhasilan panen padi di Kabupaten Kampar berhasil, khususnya di Kelurahan Pulau.

“Masyarakat sudah panen hampir dua kali panen, dan dalam dua tahun sudah lima kali tanam. Diharapkan jika tiga kali panen maka masyarakat petani di Kabupaten Kampar sudah surplus. Saya yakin kebutuhan petani hanya dua kali panen, sisanya bisa jual gabah dan kita akan dorong bersama Dinas pertanian serta instansi terkait supaya dapat kita pertahankan jumlah sawah kita,” ujar Yusri.

Untuk itu Sekda mengimbau kepada masyarakat untuk menghentikan galian C karena akan mengganggu sektor pertanian masyarakat.

“Padi butuh air, sangat butuh air termasuk tanaman lain. Jika galian itu sudah dalam, maka airnya tidak mengaliri sawah, dan sawah akan kerin,” tegas Yusri

Sekda Kampar juga memaparkan saat ini banyak contoh galian C, menjadi danau dan tidak bisa mengaliri sawah.

“Jadi saya imbau kepada masyarakat jangan menjual lahan untuk galian C. Karena jika lahan itu dikelola untuk lahan petani akan menjadi sumber pendapatan terus menerus. Hari ini nanam kacang tanah, besok nanam jagung. Ini kan siklusnya hanya satu kali tiga bulan,” ucap Yusri lagi.

Kepada petani di seluruh provinsi Riau, Yusri selaku ketua KTNA mengingatkan agar dapat mempertahankan lahan pertaniannya, dan meminta seluruh Pemerintah Daerah membuat Perda Lahan Pertanian yang melindungi lahan pertanian oleh tambang ataupun aquari.

“Kita akan suarakan jika masyarakat tidak bisa menyuarakan ini. Maka sekarang KTNA menyuarakannya,” tegas Yusri.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada petani dan berharap agar masyarakat tetap sehat dengan bertani dan juga jangan lupa untuk vaksin, karena dengan vaksin petani akan lebih sehat. 

Terkait dengan Kampar Swasembada Pangan, Sekda Kampar menegaskan bahwa ini harus dikejar. "Karena jika Kampar sudah swasembada pangan maka otomatis masyarakat khususnya petani akan sejahtera. Dan ini sudah merupakan target KTNA," ujarnya. - yus/*