Puncak HUT Kota Pekanbaru ke-237

Berlangsung Virtual, Walikota : Pelaku Pembangunan Daerah adalah Masyarakat


Rabu, 23 Juni 2021 - 21:23:33 WIB
Berlangsung Virtual, Walikota : Pelaku Pembangunan Daerah adalah Masyarakat Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST, MT, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Forkompinda, Sekdako Pekanbaru, Jamal dan para asisten berfoto bersama usai puncak acara HUT Kota Pekanbaru ke-237 yang berlangsung virtual, Rabu (23/6/2021). | Foto : I

RIAUIN.COM- Pemerintah hanya sebagai pendorong dalam sembuah pembangunan daerah , sedangkan pelaku pembangunan adalah masyarakat itu sendiri. Hal itu dikatakan Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST, MT dalam konverensi pers usai puncak perayaan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-237, Rabu (23/6/2021) di Komplek Perkantoran Tenayan Raya.   

Peringatan Hari Jadi Pekanbaru ke-237 tahun ini bertepatan dengan satu dekade kepemimpinan Walikota Pekanbaru Firdaus-Ayat. Tahun ini puncak perayaan mulai dari upacara dan sidang paripurna dilaksanakan secara virtual dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. 

"Keberhasilan pembangunan daerah selama ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha, serta para cendekiawan. 
Membangun daerah, pemerintah tidak bisa sendiri. Ini peran bersama-sama masyarakat dan pemerintah," kata Wako kepada wartawan saat ekspose 10 tahun masa kepemimpinannya.

Dalam kesempatan itu Wako juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat. Keberhasilan yang diperoleh dalam membangun Kota Pekanbaru selama masa kepemimpinannya tak lepas dari peran bersama masyarakat, dunia usaha, cendekia.

Menurutnya, peluang Pekanbaru menjadi kota provinsi di Pulau Sumatera akan dapat dicapai bila kerjasama antara umaroh dan ulama. Kemudian selalu bersinergi untuk berjuang bersama untuk merebut peluang dan tantangan yang ada. 

"Bagaimana generasi kita mampu membawa negeri ini ke kelas dunia, yang dapat berpeluang menjadi rangking empat dari tujuh negeri maju pada tahun 2040. SDM unggul Indonesia maju. Semoga apa yang kita rencakan ini dapat merebut peluang," ungkapnya. 

Pemerintah, lanjut Wako, hanya sebagai pendorong dalam sebuah pembangunan daerah. Maka dikatakan Firdaus, pelaku pembangunan adalah masyarakat itu sendiri.  

Di sisi lain, puncak perayaan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-237 berlangsung sukses. 

"Alhamdulillah, hari ini kita merayakan hari jadi Pekanbaru. Upacara dan rapat kita lakukan semua virtual. Kita laksanakan sesuai kondisi saat ini," ujar Firdaus.

Walikota mengucap rasa syukur atas suksesnya perayaan hari jadi Pekanbaru. Walaupun perayaan tahun ini berbeda dari sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Kondisi Covid-19 melahirkan krisis ekonomi dan kesehatan. 

"Semangat hari jadi kita jadikan kekuatan dalam menghadapi ujian dan tantangan dalam pandemi Covid-19 yang melahirkan krisis ekonomi dan kesehatan," ujarnya. 

Dalam momentum hari jadi Pekanbaru ini, Firdaus berharap apa yang menjadi cita-cita pemerintah dalam pembangunan dapat tercapai.

"Dan Covid kita tekadkan agar tidak menjadi penghalang dalam meraih cita-cita tersebut. Maka, semangat dan tekad agar menjadi dorongan masyarakat Pekanbaru agar giat lagi dalam membangun negeri mencapai kemajuan dan kesejahteraan," tukasnya. -vie