Wabup Kuansing Tabur 120 Ribu Benih Ikan Baung di Sungai Kuantan


Selasa, 22 Juni 2021 - 17:39:15 WIB
Wabup Kuansing Tabur 120 Ribu Benih Ikan Baung di Sungai Kuantan Wabup Kuansing Suhardiman Amby melepas benih ikan baung di Sungai Kuantan./foto:hendri.

RIAUIN.COM - Wakil Bupati (Wabup) Kuansing Drs H Suhardiman Amby menabur benih ikan sebanyak 120 ribu ekor di Tepian, Kecamatan Gunungtoar, Selasa (22/6/2021).

Benih ikan yang dilepas di Sungai Kuantan itu merupakan ikan baung. Benih ikan ini merupakan bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan, Provinsi Riau.

Suhardiman sangat mengapresiasi dan berterimah kasih kepada DIskan Riau atas kepeduliannya untuk mengembangbiakan jenis ikan baung ini di Sungai Kuantan.

"Kuansing pantas berterimakasih pada Dinas Perikanan dan Kelautan Riau yang begitu peduli," kata Suhardiman yang juga mantan legislator Riau itu.

Dikatakan Suhardiman, 120 ribu benih ikan baung ini jika hidup semua bukanlah jumlah yang sedikit. 

"Nah, tugas kita terutama ninik mamak, alim ulama dan tokoh masyatakat serta para Camat untuk menjaga lingkungan Sungai Kuantan agar streril dari upaya sekelompok kecil warga yang  menangkap ikan dengan cara yang tidak benar, seperti sentrum, putas dan pukat berukuran kecil yang bisa mengancam benih ikan ini," ucap Suhardiman.

Ia meminta 3 bulan ke depan, semua elemen masyarakat benar-benar menjaga sepanjang aliran sungai ini, agar ikan bisa tumbuh besar dan bermanfaat bagi masyarakat kita yang berprofesi sebagai nelayan.

Sementara, Kadis Perikanan Riau, Ir Herman Muhhamad bersama jajarannya menjelaskan, lokasi penebaran benih ikan di Kuansing sesuai arahan Wabup dibagi menjadi 4 titik diantaranya Sentajo Raya, Inuman, Kuantan Hilir dan Gunungtoar dan totalnya sebanyak 120 ribu ekor. 

Sedangkan untuk Kecamatan Gunungtoar, yang di lepas bebaskan langsung oleh Wabup berjumlah 75 ribu ekor. 

Sedangkan di kecamatan lain dilakukan serentak oleh Pj Sekda Dr Agusmandar  didampingi beberapa kepala dinas lainya.

"Kami sangat mengapresiasi sambutan pemkab Kuansing, teturama Wabup yang ternyata juga tahu banyak tentang varitas ikan sungai Kuaantan. Ke depan program ini akan terus berlanjut, sesuai ketersediaan anggaran," ucap Herman.

Turut hadir Camat Gunung Toar, Polsek, Koramil, tokoh masyarakat, tokoh adat dan petugas penyuluh perikanan kecamatan Gunung Toar.--hen.