Buka Lapangan Kerja, Pemkab Siak Siapkan 1000 UMKM


Sabtu, 19 Juni 2021 - 11:07:57 WIB
Buka Lapangan Kerja, Pemkab Siak Siapkan 1000 UMKM Bupati Siak, Alfedri ketika menerima kunjungan mahasiswa dari IPMKS-B, belum lama ini. | Foto : istimewa.

RIAUIN.COM - Pemerintah Kabupaten Siak tengah menyiapkan 1000 Usaha Menengah Kecil dan Mikro, untuk membuka lapangan pekerjaan di Siak. Hal itu dikatakan Bupati Siak Alfedri saat menerima kunjungan Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Siak-Bengkalis (IPMKS-B) di kediaman Bupati Kompleks Abdi Praja, Kampung Rempak, belum lama ini.

"Kami mengapresiasi masukan dari adik-adik mahasiswa, berkaitan dengan lapangan kerjaan. Kita saat ini tengah menyiapkan 1.000 UMKM. Dengan bagitu akan terbuka lapangan kerja baru, tentu ini juga dapat mengurangi angka kemiskinan," ujarnya.

Pemerintah nantinya akan mengarahkan bagi pelaku UMKM usaha apa yang cocok untuk di kembangkan di kampungnya. Kemudian UMKM diberikan pembinaan dari dinas terkait, hingga berhasil.

"UMKM yang kita bina, akan di latih dan dibina sehingga dari hulu atau produk yang dihasilkan hingga dipasarkan kita bantu," ungkapnya.

Pemkab Siak saat ini juga tengah menyiapkan KITB (Kawasan Industri Tanjung Buton). Kawasan ini banyak dilirik para investor luar, banyak rencana pemodal mau datang dan melihat KITB, namun karena pandemi Covid-19 saat ini, rencana kunjungan para investor itu tertunda.

"Kawasan ini merupakan lapangan kerja baru, dan adik-adik sebagai putra Kabupaten Siak, punya peluang kerja di sana," ujarnya..

Dikatakan Bupati, mahasiswa harus berperan aktif dalam memajukan daerah, baik pada massa diperkuliahan hingga usai kuliah dengan membuka usaha atau bekerja di perusahaan sesuai displin ilmu yang di dapat di kuliah.

"Jangan pilih jadi PNS atau honorer, karena jumlah yang di terima terbatas, banyak bidang lain yang menjadi pilihan pekerjaan. Sekarang zamannya on line buat produk kemudian di pasarkan melalui online, ini salah satu contoh aja," pesannya. -inf