Mutasi Baru Virus Corona, Varian Delta Lebih Berbahaya dan Serang Kaum Muda


Sabtu, 19 Juni 2021 - 12:52:16 WIB
Mutasi Baru Virus Corona, Varian Delta Lebih Berbahaya dan Serang Kaum Muda Ilustrasi: Mutasi baru virus corona varian delta sudah masuk ke Indonesia/thescotsman

RIAUIN.COM - Mutasi baru virus corona yang dinamakan varian delta kini sudah menyebar di Indonesia dan lebih berbahaya bagi masyarakat. hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng Muhammad Faqih.

Lebih lajut ia menyebutkan bahwa untuk saat ini, varian mutasi ganda asal India ini justru banyak menular kepada individu berusia muda. 

"Untuk varian delta, selain lebih cepat menular, juga lebih berbahaya. Mulanya menimbulkan gejala ringan, tapi perburukannya menjadi lebih cepat. Jadi sesak nafas, pegal-pegal, dan sebagainya lalu lebih cepat memburuk," ujar Daeng dalam sebuah diskusi virtual, Sabtu (19/6/2021). 

Varian delta ini justru sekarang banyak menularkan pada usia yang masih muda. Kondisi ini bisa jadi disebabkan karena kawula muda sering mengesampingkan gejala-gejala penyakit yang bersifat ringan. Padahal menurutnya, dengan adanya mutasi varian delta ini, memiliki kecenderungan perburukan yang lebih cepat.

"Sehingga masyarakat usia muda yang datang banyak yang langsung dengan gejala berat. Ini yang kita khawatirkan. Jika demikian kondisinya, potensi kesembuhan makin kecil," tegas Daeng. -dn