Menang Tipis atas Slowakia, Swedia Buka Peluang Lolos Babak 16 Besar


Jumat, 18 Juni 2021 - 21:56:26 WIB
Menang Tipis atas Slowakia, Swedia Buka Peluang Lolos Babak 16 Besar Forsberg menjebol gawan Slowakia lewat titik putih pada laga kedua Grup E, Euro 2020/Twitter/@euro2020

RIAUIN.COM - Timnas Swedia berhasil menang 1-0 atas Slowakia lewat pertarungan ketat. Gol kemenangan Swedia dicetak oleh Forsberg pada menit ke 77 melalui titik putih.

Pertandingan lanjutan Grup E ini digelar di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia pada Jumat (18/6) malam pukul 20.00 WIB.

Dengan kemenangan ini, Swedia berhasil mengkudeta posisi puncak Grup E dari Slowakia dengan total 4 poin dan membuka peluang lolos ke babak 16 besar.

Pada laga pamungkas, Swedia akan berhadapan dengan Polandia, dan Slowakia berhadapan dengan Spanyol.

Rekap pertandingan

Awal babak pertama, kedua tim bermain sangat hati-hati. Swedia yang meraih hasil imbang pada laga pembuka melawan Spanyol, membutuhkan kemenangan untuk membuka asa lolos ke babak 16 besar.

Sebaliknya, Slowakia yang pada laga awal meraih kemenangan 2-1 atas Polandia, bermain lebih taktis. Ini terbukti pada penguasaan bola yang lebih dominan dibanding Swedia. Berdasarkan statistik pertandingan, penguasaan bola Slowakia 62% berbanding 38%, dengan 3 kali melepaskan tendangan.

Swedia yang secara overall kalah dalam penguasaan bola, justru lebih efektif dalam pemanfaatan peluang. Hanya mampu melepaskan 2 tendangan, satu diantaranya mengarah ke gawang.

Sepanjang laga, tidak ada peluang berbahaya yang dapat dikonversi menjadi gol. Hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama usai, skor masih imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Swedia berusaha tampil lebih menyerang. Total ada 6 peluang tembakan yang dilakukan oleh para pemain asuhan Andersson.

Disiplinnya lini para pemain belakang Slowakia membuat para penyerang Swedia kesulitan meraih peluang maksimal.

Dua puluh menit waktu normal tersisa, pelatih Swedia melakukan pergantian pemain. Olsson digantikan oleh Claesson dan Mak digantikan Quaison. 

Pergantian ini sedikit merubah tempo dan arah permainan. Buktinya, pada menit ke 77 Gol yang ditunggu publik Swedia tercipta.

Berawal dari pelanggaran yang dilakuan oleh pemain belakang Slowakia di area terlarang berbuah hadiah penalti bagi Swedia. Forsberg yang menjadi eksekutor pun tidak menyia-nyiakan peluang. Bola sepakannya menjebol gawang Slowakia yang dikawal Dubravka, 1-0 untuk Swedia.

Sampai akhir waktu normal, tidak ada gol yang tercipta. Dengan hasil ini Swedia mengumpulkan poin 4 hasil dari satu kali imbang dan satu kali menang. -dn

Swedia: 1-R.Olsen, 2-Lustig, 3-Lindelof, 24-Danielson, 6-Augustinsson; 7-S Larsson, 8-Ekdal, 20-Olsson, 10-Forsberg, 11-Isak, 9-Berg
Pelatih: J. Andersson

Slovakia: 1-Dúbravka, 2-Pekarík, 5-L.Satka, 14-Skriniar, 15-Hubocan, 19-Kucka,  13-Hrosovsky, 17-Hamsik, 24-Koscelnik, 20-Mak,  8-Duda
Pelatih: S. Tarkovic