Euro 2020: Atasi Perlawanan Makedonia Utara, Ukraina Raih Kemenangan Perdana


Kamis, 17 Juni 2021 - 22:05:57 WIB
Euro 2020: Atasi Perlawanan Makedonia Utara, Ukraina Raih Kemenangan Perdana Pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko/Twitter/@euro2020

RIAUIN.COM - Ukraina akhirnya mampu mencatatkan kemenangan perdana pada putaran kedua Grup C Euro 2020, Kamis malam WIB, (17/6/2021).

Menjamu Makedonia Utara,  di Stadion Arena National, Ukraina menang tipis dengan skor 2-1.

Gol pertama Ukraina dicetak oleh 
Andriy Yarmolenko pada menit ke 29', dan Roman Yaremchuk pada menit ke 34. Sedangkan gol balasan bagi Makedonia Utara dicetak Ezgjan Alioski pada menit ke 57.

Jalannya pertandingan

Pada menit-menit awal anak asuhan Andriy Shevchenko ini langsung mengambil inisiatif serangan.

Dengan penguasan bola 64% berbanding 36%, para pemain Ukraina mendominasi jalannya pertandingan.

Gol pertama Ukraina dicetak oleh 
Andriy Yarmolenko pada menit ke 29', 1-0 untuk Ukraina. Unggul sebiji gol, Zichenko dan kawan-kawan tidak mengendorkan serangan.

Unggul sebiji gol, Zichenko dan kawan-kawan tidak mengendorkan serangan. Dimenit ke 34, gol tambahan bagi Ukraina tercipta. Kali ini giliran Roman Yaremchuk yang mencatatkan namanya di papan skor. Kedudukan berubah menjadi 2-0 dan bertahan hingga wasit menutup laga babak pertama.

Di babak kedua, para pemain Makedonia Utara berusaha untuk bangkit. Mereka mencoba untuk menekan pertahanan Ukraina. Pada menit ke 54, sebuah tendangan dari luar kotak penalti hampir saja menjebol gawang Ukraina. 

Goran Pandev yang melihat bola rebound tersebut, langsung bereaksi. Namun usahanya gagal karena ia dijatuhkan dalam kotak terlarang. Wasit yang melihat hal tersebut memberikan hadiah penalti bagi Makedonia Utara.

Ezgjan Alioski yang maju sebagai algojo gagal melakukan eksekusi penalti tersebut. Kiper Ukraina  Georgi Bushchan berhasil menepis bola yang mengarah ke sisi kiri gawang. Beruntung, bola liar itu kembali jatuh dikaki Alioski. Ia melepaskan tendangan keras dan berbuah gol. Skor berubah menjadi 2-1.

Gol ini memicu semangat bagi anak-anak asuhan Angelovski ini. Mereka mulai menguasai permaian. Pada menit ke 67, sebuah peluang diraih oleh Trajkovski. Namun tendangannya masih bisa dijangkau oleh penjaga gawang Ukraina, Bushchan.

Ukraina mencoba untuk keluar dari tekanan. Pada menit ke 73, sebuah kerjasama dari sayap kiri pertahanan Makedonia Utara berbuah peluang. Tsigankov yang berdiri bebas dalam kotak penalti gagal memaksimalkan peluang. Bola sepakan pemain bernomor punggung 15 ini melebar ke sisi kanan gawang.

Pada menit 80, sebuah handball terjadi setelah pemain Ukraina melakukan tendangan bebas yang mengenai tangan dari pagar betis pemain Makedonia Utara. Wasit mengkonfirmasi kejadian handball tersebut malalui VAR dan memberikan hadiah penalti kepada Ukraina.

Malinovskiy yang menjadi penendang gagal menaklukkan kiper Georgi Bushchan. Bola sepakannya dapat ditepis dengan baik sehingga menggagalkan Ukraina untuk menambah pundi-pundi gol.

Jual beli serangan pun terjadi hingga menit-menit akhir pertandingan. Namun kedudukan 2-1 bertahan hingga laga usai. Kemenangan ini membuat Ukraina berada pada posisi 3 Grup C dengan catatan 1 kali kalah dan 1 kali menang. -dn

Ukraina (4-3-3): Georgi Bushchan; Vitalii Mykolenko, Mykola Matvienko, Illia Zabarnyi, Oleksandr Karavaev, Mykola Shaparenko, T. Stepanenko; Oleksandr Zinchenko, Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, R Malinovskiy

Pelatih: Andriy Shevchenko

Makedonia Utara (3-5-2): Stole Dimitrievski; Darko Velovski, Visar Musliu, Stefan Ristovski; Ezgjan Alioski, S. Spirovskyi, Arijan Ademi, Enis Bardhi, Boban Nikolov; E. Elmas, Goran Pandev.

Pelatih: I. Angelovski