Tak Hadiri Hearing Penundaan PPDB, Komisi V DPRD Riau Sesalkan Sikap Kadisdik Riau


Kamis, 17 Juni 2021 - 15:58:41 WIB
Tak Hadiri Hearing Penundaan PPDB, Komisi V DPRD Riau Sesalkan Sikap Kadisdik Riau ilustrasi: Sidang Komisi V DPRD Riau

RIAUIN.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau menunda Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang seharusnya telah dilaksanakan pada Senin 14 Juni 2021 lalu. PPDB untuk tingkat SMA dan SMK se Provinsi Riau ditunda pelaksanaannya berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau pada tanggal 13 Juni lalu.

Berdasarkan hal tersebut, Komisi V DPRD menjadwalkan hearing bersama Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Riau, Zul Ikram pada Kamis (17/6/2021). 

"Hari ini kita menjadwalkan hearing dengan Disdik Riau namun Kadisnya tidak datang sebenarnya ada apa dengan PPDB SMA/SMK Negeri  di provinsi Riau?," kata Eddy M. Yatim yang merupakan Ketua Komisi V itu.

Namun, setelah satu setengah jam, Kehadiran Kadis yang ditunggu-tunggu tersebut belum juga datang dan akhirnya hearing terpaksa harus dibatalkan. Komisi V DPRD Riau sesalkan sikap Kadis Pendidikan Provinsi Riau yang tak menghadiri hearing yang sudah terjadwal tersebut.

"Padahal Komisi V DPRD Riau jauh-jauh hari sudah beberapa kali melakukan hearing dengan mereka. Mempertanyakan kesiapan Disdik Riau untuk PPDB," ungkap Eddy.

Lebih lanjut Eddy menyebutkan bahwa di Indonesia hanya Provinsi Riau yang belum melaksanakan PPDB. Disdik Riau telah mengeluarkan surat penundaan PPDB dengan alasan masih melakukan pembahasan terkait persoalan anggaran untuk biaya PPDB dengan menggunakan sistem online. -vie