Euro 2020: Menang Sebiji Gol Atas Finlandia, Rusia Naik ke Posisi 2 Klasemen Grup B


Rabu, 16 Juni 2021 - 22:01:36 WIB
Euro 2020: Menang Sebiji Gol Atas Finlandia, Rusia Naik ke Posisi 2 Klasemen Grup B Gol kemenangan Rusia yang dicetak oleh Aleksei Miranchuk pada masa injury time (45+2')/Twitter/@euro2020

RIAUIN.COM - Laga Finlandia vs Rusia digelar di Stadion St. Petersburg, Rabu (16/6/2021) malam, 20.00 WIB. Pada laga matchday kedua Grup B Euro 2020 Rusia langsung menampilkan permainan menyerang.

Tak mau dikendalikan oleh Rusia, para pemain Finlandia juga menampilkan permainan yang aggresif. Buktinya pada menit keempat, Finlandia mampu mencetak gol melalui tandukan Joel Pohjanpalo.

Namun, gol tersebut akhirnya dianulir oleh wasit usai melihat tayangan VAR. Dari tayangan tersebut terlihat bahwa Pohjanpalo terperangkap offside sebelum terjadinya proses gol.

Permainan berlangsung ketat, kedua tim memperlihatkan permainan yang ovensif dan silih berganti melakukan serangan.

Sepanjang laga dibabak pertama, banyak peluang yang tercipta bagi kedua tim, namun masih gagal dikonversi menjadi gol 

Di penghujung paruh waktu pertama, sebuah gol tercipta bagi Rusia yang dicetak oleh Aleksei Miranchuk pada masa injury time (45+2') dan merubah skor menjadi 1-0 untuk Rusia.

Setelah turun minum, permainan kembali dilanjutkan. Kedua kesebelasan tidak menurunkan tempo permainan. Permainan Finlandia yang dimotori Teemu Pukki sedikit merepotkan pertahanan Rusia.

Pukki beberapa kali meraih peluang, namun usahanya dapat digagalkan kiper Rusia Safonov.

Rusia yang sudah unggul sebiji gol tak mau terus ditekan oleh Finlandia. Peluang emas beberapa kali tercipta. Pada menit ke 65' tendangan datar dari Golovkin masih melebar disudut kanan gawang Finlandia.

Pada menit ke 71 sebuah tendangan terukur dari dalam kotak penalti gagal menambah keunggulan bagi Rusia. Kuzyaev yang sudah berdiri bebas, gagal menaklukkan kiper Finlandia Lucas Hradecky. Bola sepakannya masih bisa ditepis dengan cermat sehingga hanya menghasilkan sepak pojok bagi Rusia.

Tertinggal satu gol, Finlandia terus berupaya menyamakan kedudukan. Sebuah peluang emas pada menit ke 88' tercipta lewat tandukan Arajuuri. Namun bola masih bisa ditepis oleh kiper Rusia sehingga tak merubah papan skor.

Menit 90+2, giliran Rusia meraih peluang melalui pemain pengganti Zhemaletdinov. Tapi sepakannya gagal membawa sikulit bundar menembus jala dan menambah keunggulan bagi Rusia.

Kemenangan 1-0 bertahan hingga akhir laga. Rusia mampu menghidupkan asa untuk lolos ke fase 16 besar dan bersaing bersama Belgia. -dn

Susunan pemain:

Finlandia (3-5-2): 1-Lukas Hradecky; 4-Joona Toivo, 2-Paulus Arajuuri, 3-Daniel O'Saughnessy; 22-Jukka Raitala, 11-Rasmus Scueller, 8-Robin Lod, 6-Glen Kamara, 18-Jere Uronen; 10-Teemu Pukki, 20-Joel Pohjanpalo
Pelatih: Markku Kanerva

Rusia (4-3-3): 16-Matvey Safonov; 2-Mario Fernandes (4-Vyacheslav Karavaev 26'), 3-Igor Diveev, 14-Georgiy Dzhikiya, 23-Daler Kuzyaev; 11-Roman Zobnin, 8-Dmitri Barinov, 7-Magomed Ozdoev; 15-Aleksey Miranchuk, 22-Artem Dzyuba, 17-Aleksandr Golovin
Pelatih: Stanislav Cherchesov