Pabrik Kimia di Illinois Meledak dan Terbakar Hebat, 70 Karyawan Dievakuasi


Rabu, 16 Juni 2021 - 12:42:57 WIB
Pabrik Kimia di Illinois Meledak dan Terbakar Hebat, 70 Karyawan Dievakuasi Ledakan dahsyat yang terjadi di pabrik kimia di Rockton, Illinois, Amerika Serikat/dailyherald

RIAUIN.COM - Sebuah ledakan terjadi di pabrik kimia di Rockton, Illinois, Amerika Serikat. Kebakaran besar itu membuat gumpalan asap hitam tebal di wilayah tersebut.

Kebakaran terjadi di pabrik Chemtool, sebuah perusahaan yang memproduksi pelumas, gemuk, dan cairan lainnya.

Polisi memasang peringatan evakuasi wajib untuk area selatan pabrik. Tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian ini.

Pabrik kimia ini terletak di dekat perbatasan Wisconsin dan sekitar 150 kilometer dari Chicago.

Melansir abc7chicago.com, petugas pemadam kebakaran menuangkan larutan busa khusus pada kobaran api yang membara. Asap hitam tebal berubah menjadi putih, indikasi bahwa mereka akhirnya membuat kemajuan dalam memadamkan api.

Kepala Pemadam Kebakaran Rockton Kirk Wilson mengatakan kru pemadam kebakaran industri dari Louisiana telah tiba untuk membantu memadamkan api.

"Mereka sebenarnya telah menggali parit di sepanjang sisi barat Chemtool untuk bertindak sebagai blok dari semua jenis bahan sisa yang mungkin masuk ke Sungai Rock," kata Chief Wilson.

Sementara pejabat negara mengatakan pengujian udara tidak menunjukkan bahaya di permukaan tanah, tetapi mereka dan EPA terus memantau situasi.

"Kami benar-benar mencari untuk melihat perubahan apa yang mungkin ada sehingga akan membawa kami pada indikasi apa pun terkait keselamatan jiwa," kata Alicia Tate Nadeau dari Badan Manajemen Darurat Illinois. "Kami ingin memastikan, sebelum kami kembali ke tempat tinggal, kualitas udaranya baik-baik saja."

Setelah api padam, akan ada periode evaluasi sebelum warga yang dievakuasi diizinkan untuk kembali, tetapi saat ini pejabat tidak dapat mengatakan kapan itu mungkin.

Chemtool, yang memproduksi pelumas industri, mengatakan semua dari 70 karyawannya dapat dievakuasi tanpa cedera. Seorang petugas pemadam kebakaran diangkut karena cedera ringan, kata Kepala Wilson.  -dn