Viral Anak Sekolah Seberang Sungai Pakai Tali, Bupati Kampar Langsung Tinjau Lokasi


Sabtu, 12 Juni 2021 - 06:11:57 WIB
Viral Anak Sekolah Seberang Sungai Pakai Tali, Bupati Kampar Langsung Tinjau Lokasi Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto (kanan) meninjau lokasi penyeberangan pakai tali yang sempat viral.

RIAUIN.COM - Berita anak sekolah menyeberang sungai dengan bergantung bertumpu pada tempat penimbang buah sawit, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH tanggap dan langsung meninjau lokasi yang terletak di Desa Kuntu dan Desa Kuntu Darussalam Kecamatan Kampar Kiri, Jumat (11/6/2021).

“Pagi ini saya berada di lokasi, tepat di Desa Kuntu di perbatasan Desa Kuntu Darussalam di Kecamatan Kampar Kiri, dan didampingi Kepala Bappeda sekaligus Kadis PUPR guna memastikan kondisi sebenarnya seperti apa,” ujar Bupati Catur.

Bupati Kampar menjelaskan di lokasi memang ada anak SD yang menyeberangi sungai dengan cara bergelantungan. Namun setelah diperhatikan bersama Kapolsek dan Danramil beserta jajarannya, ternyata alat gantung yang digunakan anak-anak menyeberang sungai selebar 15 meter hanya untuk bermain, bukan jalan untuk umum. Kabel tersebut sehari-hari digunakan masyarakat untuk menyeberangkan tandan buah segar (TBS) sawit.

“Diseberang itu ada veron nanti kita cek siapa yang punya. TBS tersebut diseberangi kemari untuk dimuat truk. Jadi disana ada kebun masyarakat. Walaupun di wilayah kawasan hutan lindung beberapa pemiliknya akan kita dalami, ada 3 sampai 4 rumah atau barak, yang kebetulan anaknya ini masih sekolah kelas 3 dan kelas 4. Biasanya anak-anak ini pergi atau pulang sekolah melewati jalan KUD, namun karena jalannya sedikit melingkar dan merasa jauh maka anak-anak tersebut melewati jalan pintas yang sebenarnya untuk menyeberangkan TBS tersebut," papar Catur.

Terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan Bupati Kampar mengatakan untuk pembangunan infrastuktur sebenarnya merata. Seperti jalan KUD dan sudah ada jembatannya, ini berada ditengah hutan, kawasan marga satwa Rimbang Baling.

Dari pantauan di lapangan ternyata lokasi tersebut bukan jalan yang dilewati masyarakat, namun tempat memindahkan hasil sawit dari seberang Desa Kuntu Darussalam melewati sungai kecil bernama Siantan menuju Desa Kuntu.

Jjika tidak ada aktivitas, ini menjadi tempat mainan anak-anak pekerja kebun maupun warga sekitar bergelantungan di atas timbangan sawit tersebut," ujar Kepala Desa Kuntu Asril.

Usai melihat lokasi yang sempat viral tersebut, Bupati Kampar langsung meninjau jembatan Desa Kuntu Darussalam yang sering dilewati masyarakat penghubung Desa Kuntu dan Desa Kuntu Darussalam. - yus