Gubri Harap Pelabuhan Dumai Difungsikan, Wamen : Kalau Bisa Kenapa Tidak


Jumat, 11 Juni 2021 - 18:53:16 WIB
Gubri Harap Pelabuhan Dumai Difungsikan, Wamen : Kalau Bisa Kenapa Tidak Pertemuan Gubernur Riau, Syamsuar dengan Wamen Perdagangan, Jerry Sambuaga, Jumat (11/6/2021).

RIAUIN.COM - Gubernur Riau, Drs H Syamsuar M.Si berharap Pelabuhan Dumai yang sudah tak digunakan lagi dapat difungsikan kembali. Hal itu disampaikan Gubri saat bertemu Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga di ruang kerja Gedung Kementerian Perdagangan RI, Jarakta, Jumat (11/6/2021) siang.

Dikatakan Gubri, dengan ditutupnya Pelabuhan Dumai, tak kurang lima ribu orang kini menganggur. Pelabuhan tersebut dulunya berfungsi sebagai pelabuhan impor untuk daerah Riau.

"Dulu Pelabuhan Dumai ini berfungsi sebagai pelabuhan impor sembako. Tapi sekarang tidak lagi. Kami berharap dapat difungsikan kembali," harap Gubri. 

Karena Pelabuhan Dumai sudah tak beraktivitas, maka impor Riau melalui Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Jarak tempuh dari Riau ke Pelabuhan Belawan mencapai 15 jam, sehingga menambah biaya lagi.

"Kalau bisa lewat Pelabuhan Dumai tentu lebih murah dan lebih 5 ribu tenaga kerja yang kini menganggur bisa kembali bekerja seperti dulu," papar Gubri.

Usulan Gubri tersebut mendapat respon positif dari Wamen. Dirinya berjanji akan meninjau lokasi Pelabuhan Dumai dalam waktu dekat.

"Kita akan pelajari semua Pak Gubernur. Termasuk soal Pelabuhan Dumai itu. Jika memang bisa (untuk impor sembako) kenapa tidak," ucap Wamen.

Selain mengenai Pelabuhan Dumai, dalam pertemuan itu Gubri juga menyampaikan beberapa hal, terutama menyangkut pembangunan di bawah koordinasi dan tupoksi Kementerian Perdagangan. Di antaranya, usulan revitalisasi pasar, pengembangan pasar wisata dan pasar induk Kota Pekanbaru, termasuk soal ekspor dan impor di Riau.

Kepada Gubri, Wamen juga menyampaikan rencana pembangunan pabrik pengolahan air kelapa hibrida. Dimana rasa dan kandungannya sama sekali tidak berubah.

"Jadi ini teknologinya sudah ada dari Prancis. Tinggal kita menyiapkan kelapa hibridanya. Kalau lahannya sudah tersedia di Riau, ya apalagi," ujar Wamen lagi.

Karena itu, Wamen berjanji segera melakukan kunjungan kerja ke Riau. 

"Paling lambat Juli nanti kami ke Riau, Pak Gubernur," tandas Jerry.

Gubri Syamsuar menyambut baik rencana kunjungan kerja Wamen tersebut. 

"Kami tunggu dengan senang hati Pak," ucapnya.-rls,vie