Disuntik Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Sandiaga Uno: Belum Sampai 5 Persen Pelaku Ekonomi Kreatif yang Jalani Vaksinasi


Rabu, 09 Juni 2021 - 12:50:51 WIB
Disuntik Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Sandiaga Uno: Belum Sampai 5 Persen Pelaku Ekonomi Kreatif yang Jalani Vaksinasi Menparekraf Sandiaga Uno divaksinasi Covid-19. (dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)

RIAUIN.COM - Sandiaga Uno menargetkan 24,8 juta pelaku ekonomi kreatif yang divaksinasi Covid-19. Namun hingga saat ini, baru dibawah 5 persen pelaku ekonomi kreatif yang jalani vaksinasi di Indonesia. Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut disela-sela pelaksanaan vaksinasi di Neo Soho Central Park, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Rabu (9/6/2021).

"Jadi harapan kita untuk mencapai herd immunity target 70 persen dari 34 juta ekonomi kreatif bisa tercapai," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat acara bincang-bincang di Kopi Craft Indonesia di Summarecon Mall Serpong, seperti ditulis Rabu (9/6/2021).

Sandiaga menuturkan, pihaknya hingga kini masih membuka pendaftaran bagi para pelaku ekonomi kreatif dari hulu hingga ke hilir agar bisa divaksinasi Covid-19.

"Kita genjot terus promosi pendaftarannya agar memenuhi target," katanya.

Demi meyakinkan para pelaku ekonomi kreatif terhadap keamanan vaksin, Sandiaga pun ikut divaksinasi dengan vaksin yang sama dengan para pelaku ekonomi kreatif  yakni menggunakan vaksin AstraZeneca.

"Masih melayang-layang, tapi so far oke, agak ngefly dikit tapi sekarang engga, engga minum pereda demam juga, jadi aman," ungkapnya.

Sandiaga mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah berupaya memulihkan ekonomi Indonesia di tengah Pandemik COVID-19 melalui ekonomi kreatif. Diantaranya, memberikan kesempatan bagi semua pelaku ekonomi dari berbagai sektor mulai dari yang hulu terkecil hingga ke hilir yang besar.

"Kita memberikan ruang yang cukup terbuka bagi ekonomi kreatif selama kelangkapannya terpenuhi, kali ini kita betul-betul sederhana karena keadaan pandemi dan sulitnya ekonomi," jelas Sandiaga Uno.

Tak hanya itu, Sandiaga juga tengah berkolaborasi dengan sejumlah kementerian terkait agar didapatkan kemudahan investasi bagi pelaku ekonomi kreatif yang ingin naik kelas.

"Kita yakin jika kita berpikir Indonesia Corporated bisa kita wujudkan," tuturnya.

Pihaknya pun tengah mencarikan solusi kepada pelaku ekonomi kreatif mengenai perizinan yang lebih ramah dan kondusif sehingga mendorong para pelaku ekonomi kreatif memiliki kepastian usaha.

"Itu PR (pekerjaan rumah) kita," kata Sandiaga. -dn