Kesalahan Data, Diskes Pekanbaru Tarik Vaksin Covid-19 dari Seluruh Rumah Sakit


Rabu, 09 Juni 2021 - 09:47:12 WIB
Kesalahan Data, Diskes Pekanbaru Tarik Vaksin Covid-19 dari Seluruh Rumah Sakit Vaksin Covid-19 Sinovac yang digunakan oleh Pemerintah Provinsi Riau. (Liputan6.com/Diskominfo Riau)

RIAUIN.COM - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menarik semua vaksin covid-19 yang telah diberikan kepada seluruh rumah sakit di kota Pekanbaru.

Pasalnya, adanya kesalahan data antara calon penerima dengan jumlah persediaan vaksin.

Perintah pengembalian vaksin tersebut juga berkaitan dengan evaluasi vaksinasi di Kota Pekanbaru. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra menyebutkan bahwa surat itu ditujukan kepada seluruh direktur rumah sakit di Pekanbaru pada Senin, 7 Juli 2021 dan ditandatangani oleh Kabid Sumber Daya Diskes Kota Pekanbaru dr David Oloan.

"Ada evaluasi pelaksanaan vaksin covid-19, pengembalian dilakukan ke UPT Instalasi Farmasi Kesehatan Kota Pekanbaru," kata Arnaldo, Selasa siang, 8 Juni 2021.

Arnaldo menjelaskan ada data tidak cocok antara penerima vaksin dengan persediaan. Kemudian, vaksin yang disuntikkan juga tidak cocok dengan primary care atau P-care.

Dia menjelaskan, jumlah vaksin pada dasarnya terdapat dalam Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE). Melalui sistem ini, seharusnya rumah sakit menginput data warga yang sudah disuntik vaksin Covid-19 ke dalam data P-Care.

"Mereka yang sudah suntik vaksin mestinya tercatat," imbuhnya. -dn