Selamat Datang Pemimpin Baru Rokan Hilir, Selamat Bekerja Afrizal-Sulaiman!


Rabu, 09 Juni 2021 - 07:20:07 WIB
Selamat Datang Pemimpin Baru Rokan Hilir, Selamat Bekerja Afrizal-Sulaiman! Muhammad Fadhli

PROSESI pelantikan Afrizal Sintong-H Sulaiman SS MH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir 2021-2024 baru saja dilalui. Artinya, peralihan estafet kepemimpinan secara sah telah berlangsung. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. 131.14-281. Mari kita berikan ucapan tahniah serta dukungan kepada kedua pemimpin muda ini. 

Dalam konteks ini, mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus menyadari bahwa pesta demokrasi telah usai. Tidak boleh lagi ada warna-warni dukungan yang berpotensi membuka ruang perbedaan. Sebagai masyarakat yg baik, kita harus siap berkolaborasi dengan pemimpin yang baru. Sebab, pembangunan suatu dareah bukan hanya menjadi tanggung jawab seorang pemimpin saja, namun justru merupakan tanggung jawab bersama yang harus diiringi dengan sinergitas yg kuat. 

Baru-baru ini, Afrizal-Sulaiman berkunjung ke wilayah pesisir Kabupaten Rokan Hilir, tepatnya di Panipahan. Kunjungan itu dilaksanakan dalam rangka menggelar syukuran bersama masyarakat Kecamatan Pasir Limau Kapas. Afrizal-Sulaiman membicarakan strategi dan solusi membenahi Rokan Hilir. Terutama di bidang infrastruktur, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat.  

Sebagian strategi yang ia paparkan diantaranya adalah; pertama, akan menata kembali Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, dengan merampingkan OPD yang dinilai memiliki fungsi yg sama. Tujuannya adalah sebagai langkah inisiatif untuk penghematan anggaran, sehingga anggaran tersebut bisa dialihkan pada program yang lebih prioritas, seperti pembangunan infrastruktur misalnya, atau pembinaan UMKM, dan lain sebagainya. 

Kedua, Menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dengan mengandalkan sumber daya alam dari berbagai sektor yang sampai hari terkesan belum maksimal. Seperti perikanan, pertanian, retribusi, pajak dan sektor potensial lainnya. Dimulai dengan menempatkan pejabat struktural seperti kepala dinas, kepala bidang sesuai kualifikasinya di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah. 

Merupakan suatu langkah konkrit bagi seorang pemimpin mampu memahami kondisi daerahnya. Dan model kepemimpinan seperti ini tentunya sangat diperlukan, berupaya mengatasi persoalan daerah sampai ke akar-akarnya. Tidak hanya itu, Afrizal-Sulaiman juga akan menghidupkan kembali ladang minyak mati yg berada di kawasan Kabupaten Rokan Hilir. Sebagai mantan sub contractor Chevron, kita yakin betul beliau mampu meningkatkan APBD Rokan Hilir melalui sektor tersebut. 

Saya kira ini adalah ide dan gagasan yang patut diacungi jempol, sehingga perlu kiranya didorong untuk direalisasikan. kita berharap, kepemimpinan yang memahami persoalan daerah, menjadi gaya kepemimpinan Afrizal-Sulaiman dalam satu periode kedepan. Termasuk eksekusi dalam mengatasi persoalan sebagaimana dimaksud. 

Bupati terpilih Afrizal Sintong berusia 43 tahun. Berlatar belakang sebagai seorang Pengusaha dan Politisi, pengalamannya memimpin sudah tertanam ketika menjadi kepala desa di Kepenghuluan Sintong sejak sepuluh tahun terakhir. Kemudian, ia juga pernah menduduki kursi legislatif Kabupaten Rokan Hilir periode 2014-2019. Bersama teman-teman di DPRD, sosok Afrizal dikenal kritis dan peduli dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. 

Afrizal didampingi H Sulaiman SS MH. Birokrat muda yg berlatar belakang santri, sosok pemimpin muda yg cerdas, religius, berpengalaman, kharismatik, serta mengagungkan persatuan dan keutuhan bangsa. Sebelum terpilih sebagai Wakil Bupati, H Sulaiman merupakan ASN di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hilir. 

Hal ini menunjukkan bahwa keduanya merupakan kolaborasi dan perpaduan kepemimpinan yang tepat. Politisi dan birokrat, pengusaha dan santri, berpengalaman serta memiliki semangat kedaerahan yg kuat. Sehingga diharapkan mampu membawa Rokan Hilir ke arah yang lebih baik. 

Namun, meskipun secara kapasitas dan kapabilitas keduanya dianggap mampu, masyarakat juga perlu berperan dalam mengawal jalannya roda pemerintahan yang baru ini. 

Kedepan, masih banyak PR besar bagi Afrizal-Sulaiman, yang paling utama adalah soal infrastruktur yang masih belum merata, terutama di wilayah pesisir Rokan Hilir, seperti panipahan, Kubu, Kubu Babussalam. Belum lagi soal pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM yang terdampak Covid-19. Ini juga merupakan salah satu tantangan besar berikutnya. 

Afrizal-Sulaiman yg mengusung tagline "Dekat Dengan Masyarakat" Pada saat kampanye, memiliki tekad kuat membangun Kabupaten Rokan Hilir yang berkadilan, maju dan sejahtera. Membangun Kabupaten Rokan Hilir yang lebih baik tidak serta merta bisa dilakukan sendirian, melainkan membutuhkan upaya dan kerja keras dari semua pihak, termasuk masyarakat. 

Oleh karena itu, mari bersama kita kawal dan pastikan kepemimpinan Afrizal-Sulaiman tetap pada komitmen utamanya, semoga Rokan Hilir semakin jaya dibawah kepemimpinan muda pilihan Rakyat Rokan Hilir ini. 

Selamat datang pemimpin muda Rokan Hilir, Selamat bekerja Afrizal-Sulaiman! ***

Muhammad Fadhli adalah seorang mahasiswa, putra Rokan Hilir kelahiran Desa Teluk Pulai.