Sekda Kampar Tinjau Persiapan Panen Padi dan Pepaya di Desa Birandang


Selasa, 08 Juni 2021 - 23:15:24 WIB
Sekda Kampar Tinjau Persiapan Panen Padi dan Pepaya di Desa Birandang Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri MSi meninjau langsung persiapan panen padi seluas 50 Ha di Desa Birandang Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar. | Humas Pemkab Kampar

RIAUIN.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar yang juga Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Riau Drs Yusri MSi meninjau langsung persiapan panen padi seluas 50 Ha di Desa Birandang Kecamatan Kampa. Selasa (8/6/2021). Hal ini dilakukan menjelang pelaksanaan panen padi dan pepaya madu masyarakat yang bakal dilaksanakan pada Kamis (17/6/21) mendatang. 

“Ini momentum bangkitnya petani di Kabupaten Kampar, karena pada masa pandemi Covid-19 ini mampu dan bisa berbuat, serta membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Ini contoh yang sangat baik,” ujar Yusri.

Dijelaskannya, KTNA merupakan mitra kerja pemerintah, mitra usaha swasta maupun BUMN dan pelindung dan pembela petani. Untuk itu diharapkan harus mampu menjembatani dan memberikan solusi ketika petani ataupun kelompok tani mempunyai masalah.

“Selaku Ketua KTNA Provinsi Riau kita selalu komunikasi aktif dengan pemerintah khususnya lingkup pertanian, Baik untuk mendapatkan informasi tentang program pembangunan pertanian ataupun menyampaikan aspirasi petani agar mendapat bantuan pemerintah. Tujuannya supaya para petani kita sejahtera," sebut Yusri lagi.

Selain itu lanjut Sekda Kampar, KTNA juga mendukung program pembangunan pertanian pemerintah baik sebagai pelaku usaha, penyuluh ataupun memotivasi anggota kelompok tani atau mandiri.

“Begitu juga dengan BUMN yang kita harapkan dapat membantu para petani kita melalui pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR)," tukasnya.

Turut mendampingi Sekda Kampar, Plt Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kampar Nanik, Kepala BPBD Kabupaten Kampar Dedi Sambudi SKM MKes, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Hendry Dunan, serta Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Bangkinang. - rls/yus