Ikuti Latihan Gabungan, Pesawat Militer AS Mendarat di Riau


Selasa, 08 Juni 2021 - 15:29:26 WIB
Ikuti Latihan Gabungan, Pesawat Militer AS Mendarat di Riau Pesawat angkut militer milik Amerika Serikat (AS), C-17 Globemaster mendarat di Pekanbaru, Riau/foto:Instagram @sgnatr

RIAUIN.COM - Pesawat militer Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) C-17 Globemaster III mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Senin (7/6/2021). 

Melansir Detik.com, Kedatangan pesawat militer AS itu ke Indonesia untuk mengikuti latihan gabungan bersama TNI AU.

"Betul, latihan bersama TNI AU, akan digelar 14-25 Juni. 14 (Juni) nanti pembukaannya. Nama latihannya Exercise Cope West 2021," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus Zukri, sSelasa (8/6/2021).

Dia mengatakan latihan gabungan AURI dengan AU Amerika Serikat ini rutin digelar, dan sebelumnya kerap digelar di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), dan di AS.

"Ini latihan rutin tiap tahun, Air Maneuver Join Exercise. Latihan Cope West ini khusus mengoperasikan F-16," ujar dia.

Dalam pesawat jumbo C-17 Globemaster tersebut diangkut ground crew, teknisi, peralatan, dan sekitar 80 personel yang akan terlibat dalam latihan.

Sementara itu, pesawat tempur baru dan pilot dari AS akan tiba di Bumi Lancang Kuning pada 11 Juni mendatang. Latihan ini juga diikuti Lanud Iswahyudi Madiun.

Momen kedatangan pesawat militer jumbo ini beredar luas di media sosial. Terlihat pesawat tersebut saat mendarat di bandara Roesmin Nurjadin. -dn