Peringati Hari Lingkungan Hidup Bupati Suyatno Resmikan Hutan Kota Bagansiapiapi


Jumat, 04 Juni 2021 - 15:37:02 WIB
Peringati Hari Lingkungan Hidup  Bupati Suyatno Resmikan Hutan Kota Bagansiapiapi Bupati Rohil, Suyatno ketika meresmikan hutan kota bersama Kejari Rohil, Jumat (4/6/2021)

RIAUIN.COM- Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp meresmikan Hutan Kota Bagansiapiapi yang terletak di Batu Enam, Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, Jumat (4/6/2021). Peresmian hutan kota juga bertepatan peringatan Hari lingkungan Hidup se-Dunia yang ke-47.

Tampak hadir pada acara tersebut Kajari Rohil, Yuliarni Appy SH MH, Kapolres Rohil diwakili Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais, Perwakilan Kodim,Kadis DLH Rohil Suwandi S,Sos dan sejumlah kepala OPD.

Kadis DLH Suwandi S,sos dalam laporannya mengatakan hutan kota merupakan bagian dari ruang terbuka hijau. Secara umum pembangunan hutan kota merupakan amanat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2002 tentang Hutan Kota.

Tujuannya untuk berfungsi memperbaiki dan menjaga iklim, peresapan air, menciptakan keseimbangan lingkungan fisik serta mendukung pelestarian keanekaragaman hayati.

"Total pembangunan hutan kota ini dari 2020-2021 menyerap anggaran Rp15,8 miliar," terang Suwandi. 

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno dalam sambutanya mengatakan hutan kota ini tercantik dari beberapa hutan kota yang ada di setiap ibu kota kabupaten/kota di Riau. 

"Selain untuk meningkatkan PAD hutan kota gunanya bukan hanya sebagai hutan, bisa jadi ikon Rokanhilir yang baru, objek wisata baru, edukasi bagi anak-anak untuk mengenali tanaman dan hewan. Untuk itu sangat perlu mempertahakan keasrian hutan kota, jaga kebersihan, jangan sampai sampah berserakan," pungkas Suyatno 

Usai peresmian, Bupati Suyatno bersama Kajari, dan OPD melakukan penanaman  pohon sapu tangan kemudian, bersantai di pondok tengah hutan kota. -rls