Pemdes Sungai Dawu Sosialisasi Vaksinasi Khusus Lansia


Kamis, 03 Juni 2021 - 19:31:52 WIB
Pemdes Sungai Dawu Sosialisasi Vaksinasi Khusus Lansia Sosialisasi vaksinasi Covid-19 khusus lansia di Desa Sei Dawu, Inhu. | Foto: Istimewa.

RIAUIN.COM - Pemerintah Desa Sungai Dawu, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau menggelar Sosialisasi Vaksinasi  khusus lanjut usia (Lansia), Kamis (3/6/2021). Kegiatan tersebut digelar di aula Gedung Serba Guna Desa Sungai Dawu.

Dalam sosialisasi tersebut, Pemdes Sei Dawu langsung mendatangkan narasumber dari Dinas Kesehatan yakni Dr Reza. Hadir dalam acara tersebut Camat Rengat Barat diwakili Sekcam, Atpas Peri SHi.MH, Kapolsek Rengat Barat, Kompol Tigor BK, Babinsa Sei Dawu Sertu TNI Surwaidi, Bhabinkamtibmas Sei Dawu, Aiptu Syaiful Mafruf.

Kepala Desa Sungai Dawu menjelaskan, sosialisasi vaksinasi bertujuan agar terciptanyan desa aman Covid-19 dan sesuai dengan tema Masyarakat Sehat Negara Kuat. Kades juga mengajak seluruh warga terkhusus para lansia untuk vaksinasi.

"Desa Sungai Dawu saat ini sudah ada 9 warga yang terpapar Covid-19. Maka dari itu sosialisasi pembeian vaksinasi khusus lansia harus secepatnya diberikan agar mencegah penyebaran Covid-19 pada diri kita," ujarnya. 

Vaksinasi dikhususkan kepada para lansia, yakni umur 60 tahun. Karena diusia itu rentan tertular Corona. 

Saat ini Desa Sungai Dawu sudah memiliki posko PPKM tempat isolasi mandiri bagi warga yang terpapar Covid-19 dan posko penjagaan untuk memantu warga keluar masuk desa dengan melakukan pengecekan suhu oleh Satgas Covid Desa. Hal itu dalam upaya pencegahaan penyebaran wabah virus corona di Desa Sungai Dawu.

"Kita dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 sudah melakukan beberapa hal dan memberikan bantuan bagi para warga yang terpapar Covid-19, seperti memberikan sembako, memberikan BLT melalui dana desa dan selalu memberikan imbauan kepada warga melalui sepanduk tentang bahaya Covid-19. Maka dari itu mari taati aturan serta selalu menerapkan Prokes dalam pencegahaan tertular virus Corona," jelas Kades dua periode ini.

Saat ini, Desa Sungai Dawu sudah menghentikan sementara kegiatan yang bersifat mengundang kerumunan seperti, yasinan rutin, baik malam maupun siang bagi warga.

"Vaksin itu halal serta gratis dan bahkan saya sudah diberikan vaksinasi, mudah-mudahan semua bermanfaat serta saya tak henti mengajak seluruh warga agar selalu taati prokes," tutur Kades.  

Pendamping Desa, Suryatman menjelaskan regulasi pembuatan Posko PPKM bersekala desa tempat isolasi mandiri pembangunannya menggunakan anggaran dana desa bertujuan untuk menekan dan bentuk perhatian desa dalam upaya menekan penularan Covid-19.

Sementara itu, Camat Rengat Barat diwakili Sekcam, Atpas Peri SHi.MH mengatakan, nantinya vaksinasi dan manfaatnya akan disampaikan oleh Dr Reza.

"Saya sendiri sudah di vaksin dan sebelum diberikan Vaksinasi petugas medis akan melakukan pengecekan kesehatan. Saya selaku camat tak bosan-bosannya dalam pemberian BLT DD, selalu mengingatkan kepada warga agar selalu menjaga Prokes," jelas Sekcam.

Sementara itu, Kapolsek Rengat Barat, Kompol Tigor Kambise Hutagaol mengatakan pihaknya terus menggalakkan sosialisasi Prokes baik melarang kerumunan mapun menyerukan agar masyakat selalu memakai masker dan mengajak para lansia untuk dilakukan pemberian vaksinasi - gus