Hari Pertama Ngantor, Bupati Kuansing Kesal Banyak ASN Lambat Hadir 


Kamis, 03 Juni 2021 - 14:33:09 WIB
Hari Pertama Ngantor, Bupati Kuansing Kesal Banyak ASN Lambat Hadir  Bupati Kuansing Andri Putra sidak sejumlah OPD di hari pertama ngantor. | Foto : Istimewa

RIAUIN.COM- Bupati Kuansing, Andi Putra di hari pertamanya masuk kantor langsung mengecek tingkat kehadiran pegawai melalui absensi ke sejumlah OPD. Dari hasil sidaknya, Kamis (3/6/2021) pagi tadi, tampak Bupati yang baru dilantik kemarin kesal kepada ASN karena terlambah hadir masuk kantor.

Andi yang sejak pagi sudah melakukan sidak ke RSUD Telukkuantan dan Disdukcapil langsung memeriksa setiap ruangan di Sekretariat Daerah Kabupaten Kuansing, satu persatu absensi dia periksa. Meski waktu sudah menunjukkan pukul 08.30 wib, namun masih banyak kursi kosong. 

"Parah kalau seperti ini. Ini sudah jam 08.30 wib kok belum datang," ujar Andi dengan nada kesal saat mengecek absensi di sekretariat.

Tidak hanya itu, Andi juga memeriksa kondisi ruangan dan tingkat kehadiran ASN sesuai daftar hadir yang telah ditandatangani

Semua ASN ia absen satu persatu untuk memastikan kebenaran tanda tangan mereka di daftar absensi. Andi terkejut karena hanya dua ASN yang hadir di ruang Bagian Kessos.

"Kemana ini. Kok hanya dua orang," tanya Bupati.

Dengan rasa cemas salah seorang ASN di Bagian Kessos Setdakab Kuansing menjawab kalau yang lain belum datang. 

"Yang lain belum datang Pak," jawab ASN itu.

Di ruangan yang lain, kondisi yang sama dia temukan. Malah ada di salah satu ruangan ASN yang hadir sudah banyak, namun tandatangan absensinya hanya beberapa orang saja.

"Besok kalau masuk ke kantor langsung tandatangan. Absensi ini jangan kosong seperti ini," perintahnya.

Ke depan Bupati akan melakukan pemantapan kinerja ASN dan penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal ini bertujuan agar tepat ukuran dan fungsinya.

"Kita juga akan menata, menertibkan dan mengkaji kembali pemanfaatan aset daerah secara terukur dan tepat fungsi," tuturnya. -rls, hen