Juni, Bupati Kuansing, Rohil dan Siak Dilantik Terpisah


Sabtu, 29 Mei 2021 - 23:40:12 WIB
Juni, Bupati Kuansing, Rohil dan Siak Dilantik Terpisah Suasana pelantikan tiga kepala daerah yang dilaksanakan secara serentak di Gedung Daerah Provinsi Riau, belum lama ini. | Foto : Istimewa

RIAUIN.COM- Jadwal pelantikan tiga kepala daerah hasil Pilkada serentak Desember 2020 lalu berdasarkan Keputusan Menterui Dalam Negeri yang diterima Pemerintah Provinsi Riau. Berdasarkan Kemendagri tersebut pelantikan kepala daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Rokan Hilir dan Siak dilaksanakan pada Juni mendatang dengan waktu terpisah. 

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Sudarman kepada wartawan mengatakan, berkenaan dengan jdawal pelantikan Gubernur Riau, H Syamsuar sudah menyurati ketika kabupaten itu. Jadwal pelantikan sesuai dengan akhir masa jabatan masing-masing kepala daerah.  

Seperti diketahui, Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati Kuansing Mursini - Halim berakhir 1 Juni 2021. AMJ Bupati Rohil Suyatno - Jamiluddin AMJ nya pada 8 Juni 2021. Kemudian untuk Bupati Siak Alfredi AMJ-nya tanggal 20 Juni 2021.

"Bupati dan Wakil Bupati Kuansing terpilih hasil Pilkada serentak 2020 yakni Andi Putra - Suhardiman Amby dijadwalkan akan dilantik 2 Juni 2021 mendatang. Kemudian Bupati dan Wakil Bupati Rohil dijadwalkan pada 8 Juni 2021 dan Bupati serta Wakil Bupati Siak pada 21 Juni 2021," terang Sudarman, Sabtu (29/5/2021).

Dikatakannya, pelantikan akan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yakni, dilaksanakan langsung di Gedung Daerah dan sebagian tamu undangan mengikuti acara melalui virtual dari tempat masing-masing. 

Setelah tiga kepala daerah ini dilantik, lanjut Sudarman, maka tinggal dua kepala daerah terpilih lagi yang belum dilantik, yakni Rokan Hulu dan Indragiri Hulu. 

"Untuk melaksanakan pelantikan tersebut, kami masih menunggu jadwal pelantikan dari pihak Kemendagri," sebutnya. -vie