Helikopter Latih Jatuh di Danau Buperta Cimanggis Depok


Sabtu, 29 Mei 2021 - 12:10:29 WIB
Helikopter Latih Jatuh di Danau Buperta Cimanggis Depok Ilustrasi: helikopter latih jatuh di Danau Buperta, Depok/shutterstock

RIAUIN.COM - Sebuah helikopter jatuh di Danau Buperta, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, pada Jumat (28/5). Insiden ini membuat warga geger.
alah satu warga yang sedang memancing, Alex, mengatakan insiden jatuhnya helikopter itu terjadi sekitar pukul 09.45 WIB.

Awalnya helikopter sempat terbang rendah sebelum akhirnya jatuh dan tenggelam di Danau Buperta Depok.
Sebelum Jatuh Helikopter Latih 3 Kali Lintasi Danau Buperta. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, helikopter itu jatuh usai tiga kali memutari Danau tersebut.

"Memang 3 kali mutar di atas rawa itu ada trouble dan jatuh," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jumat (28/7).

Yusri Yunus mengatakan, helikopter yang jatuh berjenis R44 atau Robinson R44. Robinson R44 adalah helikopter ringan dengan empat kursi yang diproduksi oleh Robinson Helikopter Company sejak1992. Berdasarkan dua tempat perusahaan Robinson R22, R44 dilengkapi kontrol penerbangan hidraulis. R44 pertama kali diterbangkan pada tanggal 31 Maret 1990, dan menerima sertifikasi FAA pada Desember 1992 dengan pengiriman pertama pada Februari 1993.

"Pagi tadi setelah 8 pagi di daerah Rawa Jemblug di Cibubur telah terjadi kecelakaan pesawat helikopter latih jenis tobindo R44," kata Yusri dalam keterangannya.

Sebelum jatuh, helikopter sempat terbang rendah. Alex mengatakan saat jatuh, helikopter tidak meledak. Dia bahkan melihat ada dua orang dari puing helikopter yang tenggelam di Danau Buperta itu ada dua orang berenang ke permukaan. Mereka kemudian berenang lagi ke tepian danau.

"Helikopter yang jatuh tidak meledak. Dua orang tersebut menyelamatkan diri dengan cara berenang ke tepian danau." kata Alex.

Alex tidak banyak menerangkan detail apa yang dia lihat saat itu.

Kasubbag Humas Polresta Depok Kompol Supriyadi mengatakan helikopter yang jatuh itu jenis heli latih.

"Iya jenis latih," ujar Supriyadi, kepada wartawan, Jumat (28/5).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyatakan, helikopter latih itu ditumpangi seorang pelatih dan satu orang siswa. Mereka dipastikan dalam kondisi selamat.
"Pelatih dan penumpang siswanya berhasil," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jumat (28/5). -dn