Kapal Cargo Bermuatan 25 Ton Asam Nitrat Terbakar di Lepas Pantai Kolombo, Srilanka


Rabu, 26 Mei 2021 - 12:19:29 WIB
Kapal Cargo Bermuatan 25 Ton Asam Nitrat Terbakar di Lepas Pantai Kolombo, Srilanka Kapal Cargo berbendera Singapura MV X-Press Pearl terbakar di lepas pantai Kolombo, Srilanka/foto:spalsh247.com

RIAUIN.COM - Sebuah ledakan dilaporkan di sebuah kapal kontainer di lepas pelabuhan Kolombo, Sri Lanka, pada hari Jum'at, (21/5/2021). Kapal MV X-Press Pearl yang membawa 25 ton asam nitrat yang berbendera Singapura terbakar di lepas pantai Kolombo, Srilanka.

Melansir Daily Mirror Singapura, 25 ABK kapal tersebut dievakuasi dan dua orang diantaranya dirawat di rumah sakit karena liuka bakar serius. Akibat ledakan itu,  beberapa kontainer diatas kapal jatuh ke laut.

Pihak berwenang Sri Lanka melaksanakan operasi untuk memadamkan api di kapal kontainer yang terbakar. MV X-Press Pearl, kapal kontainer yang berlayar dengan bendera Singapura membawa kosmetik dan bahan kimia termasuk 25 ton asam nitrat. Kapal nahas itu berlabuh di lepas pelabuhan Kolombo ketika sebuah kontainer terbakar.

Pihak berwenang Sri Lanka mengatakan para ahli dari Belanda dan Belgia sedang melakukan mensurvei dan penelitian terhadap penyebab terbakarnya kapal itu. Sementara itu, India telah berjanji untuk mengirim kapal penjaga pantai dan sebuah pesawat terbang dan perahu "teratai" untuk membantu operasi pemadam kebakaran.

Menteri perkapalan Sri Lanka Rohitha Abeygunawardena mengatakan bahwa sebuah pesawat khusus dari Belanda dengan peralatan canggih diturunkan untuk menahan api. Kapal nahas itu berlayar dari pelabuhan Hazira di India pada 15 Mei dan sedang dalam perjalanan ke Singapura melalui Kolombo. -dn