Kasus Corona 'Meledak', Chairul Rizki: Warga Inhu Diminta Patuhi Prokes


Selasa, 25 Mei 2021 - 15:09:26 WIB
Kasus Corona 'Meledak', Chairul Rizki: Warga Inhu Diminta Patuhi Prokes Chairul Rizki.

RIAUIN.COM - Kasus positif Corona (Covid-19) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) semakin mengkhawatirkan. 
Data terbaru dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Inhu per tanggal 24 Mei 2021, terdapat penambahan 138 kasus positif warga Inhu terinfeksi virus Corona.

Kondisi ini tentunya mengkhawatirkan banyak pihak, termasuk Pj Bupati Inhu Chairul Rizki. Dia kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam rangka penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Gunakan masker ketika melakukan aktifitas yang terdapat kontak fisik dengan orang lain, selalu menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan hindari berkerumunan,” kata Chairul Riski, Selasa (25/5/2021).

Dia memaparkan, sebaran kasus Covid-19 terdapat di wilayah kerja UPTD Puskesmas yang berada di 10 kecamatan di Kabupaten Inhu.

Kasus tersebut antara lain, 50 orang di Puskesmas Pangkalan Kasai, 23 Pekan Heran, 23 Kambesko, 13 Kota Baru, 6 Air Molek, 14 Lirik, 3 Sungai Lala, 2 Polak Pisang, 1 Kuala Cenaku, 1 Kulim Jaya dan 2 orang lagi di Puskesmas Sipayung.

Dijelaskannya, dari 138 orang tersebut, 47 diantaranya merupakan kontak erat pasien positif, 87 orang merupakan suspek, dan 4 orang screening.

“Saat ini 122 orang melakukan isolasi mandiri, 12 dirawat dan 4 warga Inhu meninggal dunia,” ungkapnya.

4 warga Inhu yang meninggal dunia tersebut seluruhnya berada di wilayah kerja Puskesmas Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida, dan kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Seberida dengan 50 kasus.

"Penambahan kasus terjadi karena adanya tracking kasus konfirmasi Covid-19 yang dilakukan pihak Puskesmas, kemudian dilakukan pengambilan swab terhadap kontak erat pasien," jelasnya.--argus.