Mediator Berusaha Mengusulkan Perpanjangan Gencatan Senjata Antara Hamas dan Israel


Selasa, 25 Mei 2021 - 14:11:37 WIB
Mediator Berusaha Mengusulkan Perpanjangan Gencatan Senjata Antara Hamas dan Israel Sejumlah warga Muslim berunjuk rasa mendukung Palestina dan mengecam Israel di depan gedung Kedutaan Besar Amerika di Jakarta, 21 Mei 2021./foto:Reuters

RIAUIN.COM - Gencatan senjata antara Israel dan Hamas telah dilaksanakan pada akhir pekan lalu. Saat ini para mediator berbicara kepada semua pihak tentang usulan memperpanjang periode tenang setelah pecahnya pertempuran terburuk dalam beberapa tahun.

Rekaman drone pada hari Minggu, (23/5/2021) menunjukkan kerusakan yang terjadi di seluruh Gaza,  bangunan rata dengan tanha dan menjadi puing-puing.

Mediator dari Mesir telah berulang kali mengunjungi Israel dan Jalur Gaza, untuk melakukan mediasi agar gencatan senjata tersebut bisa dilanjutkan dan diperpanjang.

Putra Mahkota Uni Emirat Arab mengatakan pada hari bahwa negaranya siap untuk turun tangan dan menggiring pembicaraan damai. Selain itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan Washington akan bekerja dengan PBB untuk mempercepat bantuan kemanusiaan untuk Gaza.

Kekerasan selama 11 hari membuat 248 orang tewas di Gaza, sementara tembakan roket Hamas menewaskan 13 orang di Israel. -dn