Sejumlah Desa di Kampar Dilanda Puting Beliung, Puluhan Bangunan Rusak Parah


Jumat, 21 Mei 2021 - 23:36:17 WIB
Sejumlah Desa di Kampar Dilanda Puting Beliung, Puluhan Bangunan Rusak Parah Bangunan yang rusak parah akibat dilanda puting beliung di Bangkinang./foto:yus.

RIAUIN.COM - Sejumlah desa di Kabupaten Kampar dilanda musibah hujan deras disertai angin puting beliung, sekira pukul 16.45 WIB, Jumat (21/5/2021) sore.

Akibat peristiwa itu, puluhan rumah warga mengalami kerusakan serius, dimana atap rumah terbang dibawa angin puting beliung.

Data diperoleh dari Kepala Dinas Sosial Kampar Muhammad, bencana alam puting beliung disebabkan curah hujan yang tinggi disertai angin kencang. Sehingga menyebabkan kerusakan di sejumlah tempat usaha maupun pemukiman penduduk. Saat ini, Tim Tagana, TKSK dan PSM sedang melakukan pendataan terhadap bangunan yang rusak akibat bencana tersebut.

"Sampai malam ini, tim masih bekerja di lapangan untuk mendata bangunan yang rusak akibat puting beliung ini," ujar Muhammad kepada Riauin.com, Jumat malam.

Data sementara, sejumlah tempat usaha yang porak poranda seperti cucian mobil Pataya di Jalan M Yamin Bangkinang Kota. Akibat puting beliung, atap cucian mobil ini ambruk dan menimpa 3 unit mobil.

Satgas gabungan dibantu masyarakat membersihkan puing-puing atap bangunan yang menimpa mobil dan sudah berhasil dievakuasi.

Kemudian, di Kelurahan Pasir Sialang 2 unit rumah terdiri dari (1 KK, 5 jiwa), Desa Sipungguk 4 unit rumah (4 KK, 17 jiwa), Desa Tanjung Rambutan 1 unit rumah, Desa Sei Jalau 2 unit rumah (2 KK, 11 jiwa), dan Desa Sungai Tonang 3 Unit rumah (5 KK, 15 jiwa).

"Ini data yang kita terima hingga malam, kemungkinan masih ada bangunan lain yang rusak akibat bencana alam ini," jelasnya.--yus.