Situasi Diplomatik Memanas, 6000 Imigran Gelap dari Maroko Masuk ke Spanyol


Rabu, 19 Mei 2021 - 14:47:10 WIB
Situasi Diplomatik Memanas, 6000 Imigran Gelap dari Maroko Masuk ke Spanyol Ribuan imigran ilegal asal Maroko masuk ke Spanyol melalui jalur laut/Jon Nazca/Reuters

RIAUIN.COM - Spanyol mengerahkan pasukan dan polisi tambahan untuk mengusir ribuan migran dari Maroko yang berusaha masuk ke wilayah negeri matador tersebut.

Video yang muncul menunjukkan tentara Maroko membuka gerbang keamanan untuk membiarkan migran masuk ke kota pelabuhan Spanyol.

“Kedatangan migran gelap yang tiba-tiba ini merupakan krisis serius bagi Spanyol dan Eropa,” kata Pedro Sanchez dalam pidato yang disiarkan televisi kepada negara itu sebelum melakukan perjalanan ke Ceuta dan Melilla, kota Spanyol lainnya yang berbatasan dengan Maroko.

Melansir VOA, para ahli menyarankan masuknya besar-besaran ini, yang mencakup seluruh keluarga, adalah upaya Maroko untuk menekan Spanyol agar mengubah kebijakannya terhadap Sahara Barat, wilayah sengketa yang diklaim Rabat.

Maroko dan Spanyol telah terperosok dalam perselisihan diplomatik atas kehadiran seorang pemimpin Front Polisario di Spanyol, yang gerakannya memperjuangkan kemerdekaan Sahara Barat. -dani