Baru Dibuka, Walikota Pekanbaru Tutup Objek Wisata Asia Heritage


Selasa, 18 Mei 2021 - 15:50:41 WIB
Baru Dibuka, Walikota Pekanbaru Tutup Objek Wisata Asia Heritage Objek Wisata Asia Heritage yang di tutup sementara. | Foto : Istimewa.

RIAUIN.COM- Walikota Pekanbaru, H Firdaus ST,MT mengeluarkan sanksi tegas kepada pengelola objek wisata Asia Heritage untuk menutup sementara wahana tersebut. Padahal tempat wisata buatan ini baru saja dibuka pada saat puasa Ramadhan kemarin.

Kebijakan tersebut dikeluarkan Wako menyusul tempat wisata yang berada di Rumbai itu beberapa hari lalu sempat dipadati pengunjung. Sehingga menimbulkan kerumuman.

Mendapat laporan adanya kerumuman warga, Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru telah memberi sanksi terhadap objek wisata tersebut dengan membubarkan paksa pengunjung. 

Tak cukup dengan sanksi Satgas Covid-19, Walikota Pekanbaru, Selasa (18/5/2021) menindaklanjuti sanksi tersebut dengan penutupan sementara objek wisata tersebut. Kebijakan penutupan sementara tempat wisata itu dikatakan Wako, sudah berdasarkan hasil evaluasi Satgas dan keputusan Forkopimda Kota Pekanbaru.  

"Kalau yang ini (Asia Heritage, red) ditutup sampai kesiapan mereka mau menerapkan protokol kesehatan," ujar Walikota.  

Objek wisata ini telah tutup sejak Minggu (16/5/2021), pasca lokasi ini viral di media sosial akibat dibanjiri pengunjung. Bahkan akses jalan menuju lokasi objek wisata ini macet akibat antrean panjang kendaraan yang ingin masuk ke dalam lokasi wisata.

Wako menilai, pengelola telah melanggar dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Padahal aturan dari Pemko sebelumnya, pelaku usaha hiburan dan wisata dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal pengunjung 50 persen dari kapasitas awal. 

"Namun, ini lebih sehingga menimbulkan kerumunan, dan juga viral. Tim Satgas mengevaluasi. Maka kami Forkopimda mengambil kebijakan ditutup sementara," ucapnya. -vie