Longsor di KM 77 Jalan Lintas Riau-Sumbar, Petugas Lakukan Buka Tutup Selama 3 Jam


Senin, 17 Mei 2021 - 17:56:02 WIB
Longsor di KM 77 Jalan Lintas Riau-Sumbar, Petugas Lakukan Buka Tutup Selama 3 Jam Polisi mengatur lalulintas di lokasi longsor./foto:yus.

RIAUIN.COM - Akibat hujan lebat yang terjadi pada minggu malam (16/05/2021) di Kabupaten Kampar, kembali terjadi longsor di KM 77 Jalan Lintas Riau-Sumbar Wilayah Desa Merangin, Kecamatan Kuok.

Longsor ini terjadi sekitar pukul 21.30 WIB yang mengakibatkan tertutupnya sebagian badan jalan oleh material berupa tanah dan bebatuan.

Petugas langsung turun ke lokasi untuk  meakukan pengaturan arus lalulintas dengan sistem buka tutup oleh personel Polsek Bangkinang Barat bersama Satlantas Polres Kampar.

Material longsor kemudian dibersihkan oleh Petugas PUPR Kampar dengan menggunakan alat berat. Sebelumnya juga sempat dibantu oleh warga tempatan menyingkirkan material longsor yang menumpuk pada badan badan jalan ini.

Sekira pukul 00.30 WIB, semua material longsor telah dibersihkan dan arus lalulintas kembali normal dan bisa dilalui kendaraan dari kedua arah secara bersamaan.

Kapolsek Bangkinang Barat Ipda Yulanda Alvaleri saat dikonfirmasi membenarkan kejadian ini.

"Longsor terjadi sekira pukul 21.30 WIB dan sempat dilakukan buka tutup jalan selama 3 jam. Lokasinya di KM 77 Jalan Lintas Riau-Sumbar Desa Merangin Kecamatan Kuok," jelasnya, Senin (17/5/2021).

Dikatakan Kapolsek, pihaknya memerintahkan Bhabinkamtibmas Desa Merangin Bripka Wawan dan beberapa personil Polsek lainnya melakukan pengecekan ke lokasi tersebut. Dari hasil pengecekan ternyata benar telah terjadi longsor, dimana sebagian badan jalan tertutup material berupa tanah dan bebatuan.

Petugas langsung melakukan pengaturan arus lalulintas dengan sistem buka tutup, sementara warga sekitar membantu menyingkirkan material longsor dari badan jalan.

Tidak berapa lama datang petugas PUPR dengan mengerahkan 1 unit alat berat yang langsung bekerja membersihkan material longsor hingga tuntas, sekitar pukul 00.30 WIB, badan jalan sudah bersih dan arus lalulintas kembali normal.

"Kita imbau para pengendara yang melintas di ruas Jalan Lintas Riau-Sumbar terutama pada KM 77 hingga KM 85 agar berhati-hati, sebab pada ruas jalan ini merupakan daerah rawan longsor apalagi saat turun hujan," ungkapnya.--yus.