Perahu dari Kampar Bawa Pemudik ke Sumbar Tenggelam, 3 Korban Ditemukan Tewas


Jumat, 14 Mei 2021 - 21:07:43 WIB
Perahu dari Kampar Bawa Pemudik ke Sumbar Tenggelam, 3 Korban Ditemukan Tewas Tim Gabungan menemukan mayat korban tenggelam di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar./foto:yus.

RIAUIN.COM - Sejumlah pemudik yang nekat menggunakan perahu dari Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, menuju Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, bernasib naas.

Perahu yang mereka gunakan tenggelam di Jorong Talok Subanio, Kenagarian Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota. 

Sopir dan kernet perahu berhasil selamat serta satu orang dari rombongan pemudik tersebut selamat Atas nama Rahman Rahim (20). Sementara tiga orang lainnya ditemukan telah tewas tenggelam.

"Mereka pulang kampung menyewa perahu pada Rabu (12/5/2021) dari Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu. Namun perahu mereka tenggelam. Sampai saat ini Tim Gabungan Kampar-Sumbar telah menemukan 3 mayat yang tenggelam," kata Kadis Sosial Kampar Muhammad saat dikonfirmasi Jumat, (14/5/2021).

Setelah melakukan upaya pencarian yang tersebar di beberapa titik, lanjut Muhammad, korban tenggelam ketiga ditemukan atas nama Novi Arismen.

"Dengan telah ditemukan korban ketiga ini, kegiatan pencarian korban resmi dihentikan," jelasnya.

Dia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk seluruh Tim Gabungan, Camat dan jajarannya, Aparat Desa Tanjung, Desa Tabing, Desa Pongkai serta masyarakat dan pemuda yang ikut berpartisipasi.

"Bahkan secara sukarela mengantarkan ketiga jenazah ke keluarganya di Sumatera Barat," papar Muhammad.

Korban terakhir Novi Arismen umur 31 tahun, berhasil ditemukan sekitar 2 km dari lokasi kejadian tenggelam di Sungai Antuan, Desa Muara Peti, Pangkalan, Sumatera Barat.

Sementara kedua korban lainnya ditemukan lebih awal, atas nama Rajis Dikomira serta Fadil irsandi umur 20 tahun yang ditemukan masyarakat di sungai sekitar Candi Muara Takus.

Ketika ditemukan, korban dalam kondisi sudah tidak bernyawa dan mengapung di sungai. Kemudian, diantarkan kepada pihak keluarganya di Sumatera Barat.

Dijelaskannya, Tim Gabungan menurunkan 3 unit perahu karet, 8 unit perahu masyarakat, 3 unit perahu masyarakat Muaro Peti serta 1 unit perahu Basarnas Sumatera Barat dengan dikomadoi Camat Koto Kampar Hulu A. Begab. Tim terdiri dari Dinas Sosial Kampar, Tim Tagana, BPBD Kampar, Masyarakat Desa Tanjung, Basarnas Pekanbaru, Basarnas Sumatera Barat, Damkar Sumatera Barat.--yus.