Disnakertrans Riau Berhasil Tuntaskan Pembayaran THR 160 Tenaga Kerja


Rabu, 12 Mei 2021 - 17:57:11 WIB
Disnakertrans Riau Berhasil Tuntaskan Pembayaran THR 160 Tenaga Kerja Jonli, Kadisnaker Riau.

RIAUIN.COM -  Posko Pengaduan THR yang dibentuk Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau hari ini menuntaskan lagi pembayaran THR terhadap 79 tenaga kerja oleh perusahaan tempat mereka bekerja. 

Sebelumnya, 81 tenaga kerja juga telah berhasil dimediasi oleh dinaskertrans. Sehingga total tenaga kerja yang berhasil diperjuangkan untuk menerima THR berjumlah 160 orang.

"Alhamdulillah sudah 160 tenaga kerja yang telah kita mediasi dengan perusahaan. Mereka semua kini sudah menerima hak THR mereka," ujar Kadisnakertrans, Jonli, Rabu (13/5/2021).

Dikatakan Jonli, hari ini masuk dua laporan lagi ke Posko Pengaduan THR. Saat ini antara tenaga kerja dan perusahaan sedang melakukan mediasi, yang difasilitasi oleh petugas  Posko Pengaduan THR.

"Kalau belum tercapai  kesepakatan, tentu prosesnya dilanjutkan setelah hari raya, sesuai aturan yang berlaku. Yang pasti prosesnya akan kita kawal terus, sampai tenaga kerja mendapatkan hak-hak mereka," tegas Jonli lagi.

Sesuai arahan Gubernur Riau Syamsuar, Posko THR harus mampu menjalankan fungsinya sebagai tempat menyelesaikan persoalan-persoalan seputar THR. 

"Pak Gubernur menekankan betul pada kami agar jangan ada hak-hak dan kewajiban yang terabaikan," papar Jonli.

Sebelumnya Disbakertrans menerima 16 laporan  dari tenaga kerja yang belum dibayarkan THR-nya, dan dari hasil mediasi antara tenaga kerja dan perusahaan bersama Disnakertrans, beberapa perusahaan sudah membayarkan kewajiban mereka pada para pekerja.

Rincian 16 laporan pekerja tersebut terdiri dari Kabupaten Rokan Hulu 2 kasus, Dumai 2 kasus, Pelalawan 2 kasus, Kampar 2 kasus, dan Pekanbaru 8 kasus. - gha