Ratusan Pemudik Terhalang di Posko Perbatasan Riau-Sumbar, Akhirnya Putar Balik


Selasa, 11 Mei 2021 - 10:36:17 WIB
Ratusan Pemudik Terhalang di Posko Perbatasan Riau-Sumbar, Akhirnya Putar Balik Petugas gabungan dari Satpol PP, Polri dan TNI menjaga Posko Perbatasan Riau-Sumbar yang sempat gaduh, Selasa (11/5/2021) dini hari tadi. F: Ist

RIAUIN.COM - Meskipun sudah dilarang oleh pemerintah, namun ratusan kendaraan roda dua dan roda empat tetap ngotot melintasi jalan lintas Riau-Sumbar, Selasa (11/5/2021), dini hari. Namun ketatnya pengawalan yang dilakukan oleh aparat Kepolisian, TNI dan Satpol PP membuat pergerakan arus mudik terhenti, dan akhirnya putar balik ke arah Pekanbaru.

Informasi yang dirangkum di lapangan, sekitar pukul 03.00 WIB sejumlah pengendara sepeda motor mencoba menerobos posko perbatasan. Namun hal tersebut dihalau petugas. Tak lama kemudian, pemudik lainnya kembali mencoba menerobos penyekat jalan yang ada dengan jumlah yang lebih besar sambil membunyikan klakson dan menggas sepeda motornya. 

Namun berkat kesigapan petugas situasi dapat dikendalikan. Secara persuasif petugas meyakinkan para pengemudi untuk tidak memprovokasi karena akan berdampak buruk bagi suasana saat itu. Setelah mendengar penjelasan tersebut, ditambah lagi ketegasan aparat keamanan para pengendara motor tersebut akhirnya setuju untuk putar balik. Mereka meninggalkan posko dan diikuti oleh ratusan pengendara sepeda motor dan mobil lainnya.

Kepala Satpol PP Riau, Hadi Penandio, kepada Riauin.com menjelaskan, upaya persuasif tetap dikedepankan dalam mengawal perbatasan wilayah dari sikap ngotot pemudik. Bagi yang tetap memaksa, petugas pun mengambil langkah tegas.

"Alhamdulillah, situasi yang lumayan kurang kondusif dini hari tadi berhasil kita kendalikan. Kami bersama aparat gabungan Polri dan TNI menutup jalan dengan safety, sehingga para pemudik lainnya akhirnya memilih putar balik ke arah Pekanbaru," ujar Hadi Penandio. 

Diinformasikan Hadi, petugas sempat mengamankan tiga orang yang diduga menjadi provokator yang memancing situasi sempat tidak kondusif. - gha