Pendorong Roket Long March 3B Pembawa Satelit Navigasi China, Jatuh dan Menabrak Gunung


Sabtu, 08 Mei 2021 - 15:51:57 WIB
Pendorong Roket Long March 3B Pembawa Satelit Navigasi China, Jatuh dan Menabrak Gunung Roket Long March 3B yang membawa satelit navigasi Beidou-3 MEO-7 dan MEO-8/foto:Businessinsider.com

RIAUIN.COM - Penduduk desa China menangkap rekaman yang luar biasa tepat setelah matahari terbit pada hari Jumat (7/5/2021). Rekaman menunjukkan pendorong roket Long March 3B jatuh dari langit, menabrak gunung dan meledak menjadi api. 

Roket Long March 3B yang membawa satelit navigasi Beidou-3 MEO-7 dan MEO-8 meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang pada pukul 23:18:04 UTC pada hari Kamis, 7:18 pagi waktu setempat, sekitar 45 menit sebelum matahari terbit. 

Video yang diambil dari Kabupaten Tiandeng, Provinsi Guanxi, sekitar 700 Kilometer dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang, menunjukkan salah satu dari empat pendorong roket jatuh dari langit dan menabrak gunung tidak jauh dari kota. 

Ledakan yang cukup besar pada benturan dan awan oksidator Nitrogen Tetroxide beracun yang cukup besar menunjukkan booster memiliki sisa propelan yang cukup besar di dalam tangki. 

Melansir The Guardian, bahwa tahap inti roket ini seharusnya jatuh kembali ke Bumi dalam penurunan yang terkendali, tetapi ada yang tidak beres dan tahap roket setinggi 30 meter mulai melompati atmosfer Bumi - dan tidak ada yang tahu di mana ia akan jatuh begitu roket itu jatuh. seretan atmosfer bumi menariknya ke permukaan planet.

Sebagian besar inti kemungkinan akan terbakar di atmosfer, tetapi ada kemungkinan bahwa beberapa bongkahan puing akan bertahan saat masuk kembali dan menghujani daratan atau lautan.

Sayangnya, ini bukan yang pertama kali. Pada Mei 2020, roket Long March 5B menghantam atmosfer, sebagian terbakar saat turun. Intinya sebagian besar jatuh ke Samudra Atlantik, tetapi beberapa puing mendarat di Afrika Barat. tidak ada laporan korban jiwa dari peristiwa tersebut. -dani