Kapal Berbendera India Berlabuh di Dumai, Kapten dan 4 ABK Positif Covid-19


Jumat, 07 Mei 2021 - 16:06:55 WIB
Kapal Berbendera India Berlabuh di Dumai, Kapten dan 4 ABK Positif Covid-19 M.T. ARK Progress, kapal CPO Berbendera India/foto:vesselfinder.com

RIAUIN.COM - Seluruh ABK dan Nakhoda kapal motor berbendera India M.T. ARK Progress, dinyatakan Positif Covid-19. Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira Sik MH mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak kesehatan Pelabuhan untuk mengevakuasi korban ke Rumah Sakit.

Kapal M.T. ARK Progress asal India tersebut berada di Perairan Laut Dumai untuk proses pemuatan CPO di Dermaga PT. Energi Unggul Persada. Kapal tersebut adalah kapal tangker mengangkut minyak sawit yang diekspor dari Dumai ke India dengan bobot 6000 Metrik Ton. 

Lebih lanjut Ananta mengatakan pihaknya sejak awal intens melakukan Koordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai dan Dinas Kesehatan Kota Dumai untuk evakuasi WNA asal India yang terpapar Covid-19.

Pemantauan dan penanganan keluar masuknya kapal dipelabuhan Dumai menggunakan standar internasional. Diketahuinya awak kapal MT. ARK Progress positif covid-19, ketika kapal yang akan masuk pelabuhan masih diperairan diluar area pelabuhan, petugas kesehatan pelabuhan melakukan pengecekan terhadap seluruh awak kapal. Sebanyak 21 orang menggunakan swap antigen dan didapatkan 1 orang reaktif yakni kapten kapal. 

“Hasilnya 4 orang ABK dinyatakan positif sehingga dilakukan pemisahan awak kapal, dan terhadap yang positif dilakukan perawatan diatas kapal menunggu perkembangan dari tim kesehatan pelabuhan,”imbuhnya. -dani