Gelar Operasi Justisi, Puluhan Warga Bangkinang Didenda dan Diberikan Sanksi Sosial 


Rabu, 05 Mei 2021 - 23:52:45 WIB
Gelar Operasi Justisi, Puluhan Warga Bangkinang Didenda dan Diberikan Sanksi Sosial  Aparat tim gabungan menggelar operasi justisi di kawasan Plaza Bangkinang, Rabu (5/5/2021). F: Istimewa

RIAUIN.COM - Sebanyak 18 warga dikenakan denda dan 24 orang lainnya mendapatkan sanksi sosial oleh Tim Gabungan saat Operasi Justisi di Kabupaten Kampar, Rabu (5/5/2021). Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB, digelar tim di sekitar kawasan Plaza Bangkinang.

Pelaksanaan Operasi Justisi tersebut dipimpin Kabag Ops Polres Kampar, Kompol Hadi Purnama SIP, dengan melibatkan 37 Personel Polres Kampar, 10 anggota TNI dari Kodim 0313/KPR, 20 anggota Satpol PP Kampar dan 10 anggota Dishub Kampar.

Untuk pelaksana sidang di tempat terhadap pelanggar protokol kesehatan ini dipimpin hakim Pengadilan Negeri Bangkinang Aulia Fatma Widola SH MH, didampingi Panitera Wahyudi Putra SH. Terlibat juga 2 orang jaksa, yakni Deshe Shonarista SH dan Yuris SH.

Petugas gabungan ini kemudian merazia setiap pengunjung Plaza Bangkinang yang masuk melalui gerbang utama. Bagi yang ditemukan tidak membawa atau mengenakan masker dilakukan sidang ditempat yang dipimpin Hakim Pengadilan Negeri Bangkinang.

Sebanyak 18 orang pelanggar Protokol Kesehatan yang tidak memakai masker divonis denda antara Rp10 ribu hingga Rp25 ribu. Sampai operasi selesai terkumpul jumlah denda sebesar Rp415 ribu.

Selanjutnya sebanyak 24 orang pelanggar Protokol Kesehatan lainnya diberikan sanksi kerja sosial, dengan menyapu dan memungut sampah di kawasan Plaza Bangkinang.

Selama kegiatan operasi, terlihat sejumlah masyarakat yang ditemukan tidak memakai masker diberikan sanksi kemudian berupa pemakaian masker dihadapan petugas setelah mereka diberikan diberi masker oleh petugas.

Sebagian petugas lainnya juga memberikan imbauan menggunakan pengeras suara. Kepada pengunjung pasar disampaikan agar mematuhi protokol kesehatan. Operasi Justisi ini berakhir pada pukul 11.30 Wib dan seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar. - rls/yus