Perusahaan Swiss Kembangkan Robot Pembasmi Virus Korona di Pesawat Terbang


Rabu, 05 Mei 2021 - 15:34:44 WIB
Perusahaan Swiss Kembangkan Robot Pembasmi Virus Korona di Pesawat Terbang Robort pembasmi Covid-19 di pesawat. Foto:istscr

RIAUIN.COM - Selama lebih dari satu tahun dunia dilanda pandemi, orang-orang dari berbagai negara mencari cara agar terbebas dari penyebaran virus. Salah satu perusahaan rintisan asal Swiss bernama UVeya punya inovasi tersendiri.

Untuk membasmi virus, UVeya mengembangkan robot yang dibuat khusus untuk membunuh virus-virus di dalam pesawat. Itu dilakukan sebagai upaya mengembalikan kepercayaan penumpang pesawat dan menyelamatkan industri penerbangan dari dampak pandemi berkepanjangan.

Robot dengan sinar ultraviolet kini dipakai untuk membersihkan pesawat udara dari paparan virus korona. Dilansir kanal youtube VOA Indonesia, robot tersebut kini telah diujicoba di dalam maskapai penerbangan milik miliarder Swiss, Martin Ebner.

Pendiri UVeya, Jodoc Elmiger mengungkap robot buatannya dapat menjadi solusi supaya orang-orang tidak takut terbang.

“Ini adalah teknologi yang terbukti, telah digunakan selama lebih dari 50 tahun di rumah sakit dan laboratorium, sangat efisien. Itu tidak meninggalkan jejak atau residu,” kata Elmiger.

Sebelum itu, untuk mendapatkan robot tersebut, tiap maskapai harus melakukan sertifikasi perangkat robot tersebut. Maskapai diharuskan juga memelajari dampak sinar UV robot terhadap pelapis interior yang dapat memudar setelah banyak desinfeksi. -dani