Putus Mata Rantai Covid-19, Syamsuar Sarankan Shalat Idul Fitri di Rumah


Senin, 03 Mei 2021 - 14:44:44 WIB
Putus Mata Rantai Covid-19, Syamsuar Sarankan Shalat Idul Fitri di Rumah Pelaksanaan sholad Idul Fitri di Masjid Raya Annur beberapa waktu lalu/foto:genpi.co

RIAUIN.COM - Shalat Idul Fitri 2021 (1442 H) pada tahun ini pelaksanaannya dilakukan dirumah masing-masing. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Riau Syamsuar ketika menghadiri rapat koordinasi terkait penanganan Covid-19 dan persiapan masa peniadaan mudik mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang, di Gedung Daerah, Senin (3/5/2021).

Berdasarkan surat edaran Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Gubernur Riau meminta masyarakat yang berada di zona merah dan orange, untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah saja. Sedangkan untuk wilayah zona hijau dan kuning bisa melaksanakan sholat ied di mesjid maupun di lapangan dengan melaksanakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.  

"Zona merah, zona orange, itu lebih baik sholat dirumah, Zona aman hijau dan kuning silahkan, tapi tetap mengacu protokol kesehatan”, ujarnya.

Hal ini bertujuan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Virus Covid-19 serta memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam menjalankan ibadah pada bulan suci Ramadhan dan merayakan hari raya Idul Fitri.

Syamsuar mengharapkan agar situasi ini menjadi perhatian bagi Kepala daerah di Riau dan meminta Bupati serta Walikota membicarakan himbauan Menag ini bersama Majlis Ulama Indonesia (MUI) secepatnya. -dani