Zukri: Pemkab Pelalawan Juga Fokus pada pada Pencegahan Karhutla


Kamis, 29 April 2021 - 15:32:11 WIB
Zukri: Pemkab Pelalawan Juga Fokus pada pada Pencegahan Karhutla H Zukri, Bupati Pelalawan

RIAUIN.COM - Bupati Pelalawan H Zukri menegaskan Pemkab Pelalawan tidak hanya akan fokus pada penanggulangan Karhutla saja, namun juga akan konsen pada pencegahan.

"Yang terpenting itu ada datanya. Tahun ini terjadi dimana, apa penyebabnya, berapa luasannya, kendala dan lainnya seperti apa, harus jelas datanya. Jadi bisa kita program kan kedepan langkah-langkah pencegahannya," kata Zukri saat membuka Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Karhutla serta Pengenalan Program Penanganan Karhutla Secara Terpadu, di Auditorium Kantor Bupati Pelalawan, Kamis (29/4/2021).

Kedepan, kata Bupati, jangan lagi bagaimana usaha memadamkan api di titik-titik karhutla. Tapi bagaimana karhutla itu tidak terjadi.

Zukri juga menambahkan, Pemkab Pelalawan nantinya juga akan memetakan kawasan gambut di Kabupaten Pelalawan.

"Misal ada 600 ribu hektar gambut di Pelalawan. Apakah disitu ada izin konsensi, atau kawasan hutan atau gimana. Jika lahan konsesi, tentu ada tanggung jawab pemegang izinnya,"sebut Ketua DPD PDIP Provinsi Riau ini.

Tidak tertutup kemungkinan nantinya lahan gambut yang sudah menjadi belukar dan tidak dalam izin konsesi, akan dilakukan penghijauan oleh Pemkab Pelalawan. "Tapi dengan tumbuhan yang menghasilkan nilai ekonomis bagi masyarakat," ucap Zukri.

Intinya kata Zukri, Pemkab Pelalawan sangat serius akan memperbaiki lingkungan hidup di Pelalawan. "Fokus kita lebih kepada pencegahan nantinya. Tahun ini juga kita targetkan penghijauan dengan menanam 1 juta pohon di Pelalawan," imbuhnya. - jon