Tambah 6 Kasus Corona, 2 Kecamatan di Pelalawan Masuk Zona Merah 


Rabu, 28 April 2021 - 15:26:19 WIB
Tambah 6 Kasus Corona, 2 Kecamatan di Pelalawan Masuk Zona Merah  Asril MKes, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan.

RIAUIN.COM - Penambahan masyarakat yang terinfeksi virus Covid-19 di Kabupaten Pelalawan Riau terus berlangsung dengan jumlah yang cukup signifikan. Hari ini, Rabu (28/04/2021), bertambah enam pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang berasal dari Pangkalan Kerinci, Ukui, Pangkalan Kuras, dan Langgam. 

Empat pasien diantaranya dirawat di Rumah Sakit (RS) Efarina dan RSUD Selasih, sedangkan dua lagi direkomendasikan menjalani isolasi secara mandiri. Identitasnya yaitu IM (43), SY (38), FA (27), HBS (59), WM (51), dan RI (33).

"Hari ini masih terjadi penambahan kasus baru Covid-19 di Pelalawan. Kita langsung lakukan tracing kontak erat terhadap pasien ini," terang Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asril MKes, Rabu (28/4/2021).

Asril menyebutkan, jumlah pasien yang terinfeksi Virus Corona terus bertambah diakibatkan oleh masih adanya masyarakat Pelalawan yang tidak percaya dengan Covid-19.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan atau prokes yang rendah bagi warga yang beraktivitas di luar rumah seperti penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Dengan penambahan ini otomatis mempengaruhi jumlah kasus aktif dan zona penyebaran Virus Corona di Pelalawan.

Secara umum Pelalawan masuk dalam zona orange Covid-19. Namun jika dirincikan lagi setiap kecamatan sudah ada yang zona merah, orange, kuning, dan sedikit lagi hijau.

Dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan (Diskes), saat ini sudah ada dua kecamatan yang zona merah yang awalnya hanya satu saja.

"Kalau sebelumnya zona merah Covid-19 hanya Kecamatan Pangkalan Kerinci saja, sekarang Kecamatan Ukui juga sudah zona merah," tambah Asril

Asril menjelaskan, Kecamatan Ukui meningkat menjadi zona merah karena kasus positif corona terus bertambah di daerah tersebut.

Angka kematian pasien Covid-19 di Pelalawan juga cukup tinggi. Dari 36 warga Pelalawan yang meninggal dunia dengan kondisi terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 10 orang diantaranya berasal dari Ukui.

Sedangkan kecamatan yang zona hijau di Pelalawan semakin berkurang.

Dua bulan lalu ada lima kecamatan yang hijau yakni Kuala Kampar, Teluk Meranti, Bandar Petalangan, Bunut, dan Bandar Seikijang. Sedangkan saat ini tinggal satu kecamatan yang hijau yakni Kuala Kampar saja. - jon