Bupati Sambut Baik Rapat Teknis Permusabaqahan Menghadapi STQH XVII Provsu


Rabu, 28 April 2021 - 22:58:11 WIB
Bupati Sambut Baik Rapat Teknis Permusabaqahan Menghadapi STQH XVII Provsu Bupati Asahan H Surya BSc menyambut baik terlaksananya Rapat Teknis Permusabaqahan menghadapi Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XVII Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Rabu (28/4/2021). F: Humas Pemkab Asahan

RIAUIN.COM - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumatera Utara menggelar Rapat Teknis Permusabaqahan Menghadapi Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XVII Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Rabu (28/4/2021).

Kegiatan yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan dihadiri oleh Ketua LPTQ Provsu, Bupati Asahan, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, Kakankemenang Kabupaten Asahan, Ketua LPTQ Kabupaten Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Ketua LPTQ Provsu Asren Nasution mengatakan atas nama LPTQ Provsu dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dan LPTQ Kabupaten Asahan yang telah berkenan menjadi tuan rumah pelaksanaan rapat teknis ini.

Dia juga mengatakan tujuan dari rapat teknis ini antara lain memantapkan hasil Raker Terbatas LPTQ Sumut Tanggal 19 Januari 2021 di Kantor BPSD Provsu, juga memastikan kesiapan LPTQ Kabupaten/Kota dan Kafilah khusus mengikuti STQH XVII Provsu Tahun 2021

Selanjutnya untuk melihat kesiapan Kabupaten/Kota (sesuai zona) untuk dijadikan tempat talent scouting bibit-bibit potensial yang ada di kecamatan dan desa-desa.

Pada kesempatan ini Bupati Asahan H Surya BSc pada sambutannya mengatakan, dirinya sangat merasa bangga dan gembira atas kepercayaan yang telah diberikan untuk menjadi tuan rumah kegiatan yang mulia ini. 

"Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada LPTQ Provsu yang telah memberikan amanah ini. Walaupun kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19, tapi antusias yang kita tunjukkan dengan hadir di tempat ini adalah bukti bahwa perjuangan kita mengembangkan Alquran tidak boleh surut dalam berbagai kondisi dan tantangan," katanya.

Bupati juga menambahkan, kalau melihat sejarah, ini MTQ yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Asahan, yaitu tepatnya di Kampung Bunga Desa Pondok Bungur Kecamatan Pulo Bandring. Pada tanggal 12 Februari 1946, atau sekitar 6 bulan setelah diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia, telah terjadi sebuah peristiwa yang menjadi tonggak sejarah MTQ yaitu dilaksanakannya sayembara membaca Alquran di sebuah masjid yang terletak di Dusun II Desa Pondok Bungur yang sampai sekarang masjid tersebut dinamakan Masjid MTQ 1946.

Mengakhiri sambutannya Bupati mengatakan, pihaknya menyambut baik rapat koordinasi teknis ini di laksanakan di Kabupaten Asahan. Apalagi, momennya sangat tepat, yaitu Bulan Ramadhan, bulan diturunkannya Alquran, dimana sebaik-baik pembahasan adalah pembahasan tentang Alquran.

Bagi kami masyarakat Asahan, ini adalah salah satu bukti nyata bahwa Kabupaten Asahan dikenal sebagai daerah yang religius, sehingga LPTQ Provsu menilai Kabupaten Asahan pantas untuk menjadi tuan rumah kegiatan yang sangat penting ini. - KARMILA