Digelar 5 Juni 2021

IKA Unri Gelar Kongres V, Panitia Matangkan Persiapan


Senin, 26 April 2021 - 13:45:37 WIB
IKA Unri Gelar Kongres V, Panitia Matangkan Persiapan Kampus Universitas Riau merupakan almamater kebanggaan setiap alumni Unri. F: Istimewa

RIAUIN.COM - Organisasi alumni Universitas Riau (Unri) akan melaksanakan kongres pada 5 Juni 2021 mendatang. Kongres V IKA Unri tersebut digelar secara online dan offline dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committe) Kongres IKA Unri, H Eka Putra Nazir, mengatakan pihaknya saat ini sedang mematangkan persiapan. Hal ini disampaikan seusai rapat panitia pelaksana yang diselenggarakan secara online dan offline. 

Pada rapat offline atau tatap muka tersebut dihadiri sejumlah panitia lainnya dan Pengurus Pusat IKA Unri bertempat di Hotel Arya Duta Pekanbaru, Minggu (25/4/2021).

Salah satu keputusan disepakati, acara pembukaan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama adalah acara pembukaan yang diselenggarakan secara terbuka dan menghadirkan alumni sebanyak-banyaknya. 

Kata Eka, rencananya acara berlangsung tatap muka dengan jumlah hadirin terbatas, dan juga dihadiri ribuan alumni pada aplikasi virtual meeting yang disediakan.

"Insya Allah kita akan mengundang tokoh nasional atau figur fenomenal pada acara pembukaan, yang diharapkan dapat memotivasi dan menginspirasi para hadirin, khususnya alumni Unri. Tokoh tersebut akan menjadi magnet bagi para alumni Unri dimanapun berada untuk hadir dan bertahan selama acara berlangsung," kata Eka Putra.

Selanjutnya, pada siang hingga sore hari akan dilangsungkan sidang pleno kongres siang hingga selesai. Pada kongres tersebut juga dipilih Ketua Umum IKA Unri yang akan memimpin periode berikutnya.

Panitia menargetkan jumlah partisipan yang bergabung pada acara pembukaan dan webinar secara online sebanyak-banyaknya melalui kanal akun platform media sosial (medsos) yang ada, seperti Youtube, Instagram, Facebook dan lainnya. 

"Sedangkan jumlah peserta Kongres langsung dibatasi sesuai AD/ART dan sesuai protokol kesehatan. Bagi peserta yang tidak bisa offline, tetap akan mengikuti secara online," pungkas Eka lagi.

Selanjutnya, jelas Eka yang juga ketua umum IKA Teknik Unri, diharapkan masing-masing bidang akan merumuskan persiapan, modifikasi atau improvisasi, khususnya Bidang Dokumentasi dan Publikasi. Bidang ini diharapkan melakukan publikasi masif baik melalui media massa maupun media sosial, terkait rencana kongres, mulai sekarang hingga hari H pada 5 Juni 2021 nanti.

"Panitia juga akan mempersiapkan materi flyer kegiatan, materi sosialisasi melalui baliho di tempat-tempat strategis di Kota Pekanbaru dan kota-kota lainnya. Termasuk titik-titik yang ada di kampus Unri. Serta mempersiapkan team dokumentasi foto dan video persiapan hingga kegiatan puncak Kongres," jelas Eka. 

Ditambahkan, adapun misi utama Kongres IKA-Unri V ini adalah merumuskan kembali format IKA Unri dan mempersiapkan pengurus baru, untuk mencapai tujuan organisasi yang akan ditetapkan berdasarkan hasil Kongres yang akan datang.  

"Tentunya kita memilih Ketua Umum, dengan masa jabatan empat tahun," jelas Eka. 

Hadir pada rapat panitia secara langsung dan virtual selain Ketua Panitia Eka Putra Nazir, juga ada nama Edwin Syarif, Herman Boedoyo, Fendri Jaswir, Hafsyah Nunung, Sapaat, Aiden Yusti, Budi Frimansyah, Satria Utama Batubara dan beberapa unsur kepanitiaan OC dan SC lainnya. - rid