Sejumlah Serpihan Ditemukan, KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam


Ahad, 25 April 2021 - 09:07:44 WIB
Sejumlah Serpihan Ditemukan, KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono mengkonfirmasi temuan serpihan KRI Nanggala 402/foto:AP(Frida Lisnawati)

RIAUIN. COM - Teka-teki hilangnya Kapal selam KRI Nanggala 402 terjawab sudah.  Kapal nahas tersebut dinyatakan tenggelam. Hal itu dikarenakan setelah ditemukannya beberapa serpihan dan benda yang diyakini berasal dari lambung kapal selam.

Dalam keterangan kepada media pada Sabtu (24/04), Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono, mengatakan, pihaknya berhasil menemukan sejumlah kepingan yang diyakini milik KRI Nanggala-402. Hal ini setelah dilakukan pencarian sejak kapal selam tersebut dinyatakan hilang kontak sejak Rabu (21/4) lalu.

“Barang-barang ini tidak dimiliki oleh umum dan dalam radius 10 mil tidak ada kapal lain yang melintas,” kata Kepala Staf Angkatan Laut Laksaman Yudo Margono dalam konferensi pers daring, Sabtu, 24 April 2021.

Yudo menyebutkan sejumlah barang yang ditemukan di sekitar lokasi terakhir kapal selam itu terlihat adalah pelurus tabung torpedo dan bagian pembungkus pipa pendingin. Selain itu, ditemukan pula pelumas untuk periskop kapal selam.

Selanjutnya, tim pencarian gabungan juga menemukan alas yang biasa digunakan oleh awak kapal untuk melaksanakan salat dan spons untuk meredam panas di kapal selam. Yudo mengatakan benda-benda tersebut bisa keluar dari dalam kapal selam, karena diduga terjadi keretakan. 

“Ini tidak akan terangkat keluar kapal, apabila tidak ada tekanan dari luar atau terjadi keretakan di peluncur torpedo,” ujar Yudo. 

Dia mengatakan tim SAR gabungan masih terus memverifikasi bahwa benda-benda tersebut benar milik KRI Nanggala. “Dengan pernyataan ini, dari submiss ke subsunk, saya selaku pemimpin dan atas nama seluruh prajurit TNI AL, turut prihatin atas kejadian tersebut,” kata dia. -dani

????