Belum Genap 2 Bulan Usai Dibangun, Jalan Menuju Air Panas Sudah Rusak


Sabtu, 24 April 2021 - 22:16:11 WIB
Belum Genap 2 Bulan Usai Dibangun, Jalan Menuju Air Panas Sudah Rusak Kondisi jalan yang sudah rusak, meski belum 2 bulan usai dikerjakan./foto:hendri.

RIAUIN.COM - Kualitas pembangunan insprastruktur jalan dari Desa Koto Kombu menuju objek wisata Air Panas dinilai asal jadi.

Pasalbya, belum genap 2 bulan selesai dibangun, kini kondisi jalan lumayan parah. Bahkan beberapa gorong-gorong sudah tumbang. 

“Belum beberapa bulan selesai dibangun kini sudah rusak. Apakah seperti ini kualitas pembangunannya,” ujar Ehen salah seorang warga yang melintas, Sabtu (24/4/2021) sore.

Ehen menunjukan beberapa titik jalan yang rusak parah. Titik pertama sebelum pendakian tak jauh dari jembatan Sei Air Balus. 

Dititik ini gorong gorong jalan yang dibangun oleh PT Kerja Sama itu sudah tumbang. Tidak hanya itu, ruas jalan di lokasi ini juga sangat parah. 

Setidaknya di ruas jalan tersebut ada 2 titik gorong-gorong yang mengalami kerusakan. Rata-rata dari gorong-gorong yang rusak itu telah patah. 

Banyaknya titik kerusakan itu, bahkan warga yang melintas mencurigai pembangunan inprastruktur jalan yang dibiayai oleh APBD Kuansing 2020 itu terkesan asal jadi. 

“Ini pengerasannya tak maksimal, makanya seperti ini. Gampang rusak,” ucapnya.

Kerusakan selanjutnya terlihat di sekitaran Jembatan Sei Air Balus. Dikawasan ini kondisi jalan lumayan parah. Bahkan di ujung jembatan terdapat sebuah lubang menganga cukup dalam. Kondisi ini terjadi karena tanah timbunan sudah mulai longsor.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR Kabupaten Kuansing, Ade Fahrer melalui Kabid Bina Marga, Japrison ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp menjelaskan bahwa pihaknya akan meminta perusahaan segera memperbaiki.

"Nanti kita perbaiki," ujarnya singkat.

Sekedar diketahui, jalan tersebut merupakan kebanggaan masyarakat Kecamatan Hulu Kuantan, karena jalur tersebut merupakan jalur utama untuk menuju objek wisata Air Panas di Desa Sungai Pinang.

Pembangunan rusa jalan ini baru saja selesai dibangun pada Maret 2021 lalu. Jalan tersebut dikerjakan oleh PT Kerja Sama dengan dana lebih kurang Rp10 miliar, berikut dengan pembangunan 2 buah jembatan.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi 3 DPRD Kuansing, Romi Alfisa mengaku pihaknya akan meninjau kondisi jalan tersebut. "InsyaAllah akan kami tinjau," ujar Romi.--hen.