Begini Kondisi Banjir di Perumahan Pesona Harapan Indah Pekanbaru


Jumat, 23 April 2021 - 20:48:43 WIB
Begini Kondisi Banjir di Perumahan Pesona Harapan Indah Pekanbaru Foto udara banjir di Perumahan Pesona Harapan Indah Pekanbaru./foto:Diskominfo Riau.

RIAUIN.COM - Banjir di Perumahan Mande Villa, Pesona Harapan Indah sudah berulang kali terjadi. Banjir datang apabila hujan deras mengguyur Kota Pekanbaru.

Lokasi Perumahan Pesona Harapan Indah tidak jauh dengan Sungai Sail. Tepatnya di Jalan Cengkeh, RT 01 RW 04 Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau. 

Selain akibat intensitas curah hujan tinggi, juga ada faktor lain yang menjadi penyebab banjir di Perumahan Pesona Harapan Indah, yaitu luapan air Sungai Sail yang penuh mengalir menuju ke perumahan tersebut. 

Warga sekitar bernama Huri mengatakan, perumahan tersebut terendam banjir akibat luapan air Sungai Sail. "Apabila hujan deras, otomatis air Sungai Sail itu penuh, nah air itu menuju ke perumahan kami yang mengakibatkan banjir," ujar Huri, Jumat (23/4/2021).

Huri menyebutkan, Perumahan Pesona Harapan Indah sudah menjadi langganan banjir apabila curah hujan sangat tinggi menguyur Kota Pekanbaru.

"Kalau udah hujan lebat, otomatis perumahan kami akan banjir. Ini banjir yang lumayan dalam, di rumah saya mencapai 1,5 meter. Sedangkan rumah yang lebih dekat lagi dengan Sungai Sail mencapai dua meter lebih," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI, M Syech Ismed, usai melaksanakan salat Jumat, langsung meninjau lokasi banjir di Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Jumat (23/4/2021). 

Melihat kondisi ini, Pemprov Riau merencanakan akan menormalisasikan Sungai Sail, untuk mencegah banjir yang terjadi setiap tahunnya, ketika terjadi curah hujan yang cukup tinggi di Pekanbaru.

"Ini tadi memang harapan mereka ada normalisasi Sungai Sail, ketua RT nya berharap begitu. Untuk normalisasi kita akan berkoordinasi dengan balai wilayah Sungai, memberitahukan ke balai Sungai karena kewenangan mereka, Sungai Sail dan Sungai Batak,” kata Gubernur Riau. 

Pada kesempatan tersebut Gubri juga mengingatkan kepada masyarakat, ia telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dimana saat ini mulai terjadi perubahan iklim siklon tropis, yang dapat turunnya curah hujan yang cukup tinggi.--mcr/nal.