Polres Kampar Imbau Warga Pendatang dan Perantau Tidak Mudik Lebaran


Jumat, 23 April 2021 - 19:55:37 WIB
Polres Kampar Imbau Warga Pendatang dan Perantau Tidak Mudik Lebaran Sejumlah Polwan mengimbau warga Bangkinang untuk tidak mudik lebaran./foto:yus.

RIAUIN.COM - Untuk mendukung kebijakan pemerintah tentang larangan melakukan mudik pada lebaran Idul Fitri 1442-H, Polres Kampar menurunkan sejumlah Polwan (Polisi Wanita) untuk menyampaikan imbauan terkait larangan mudik tersebut kepada warga pendatang dan para perantau yang ada di Kabupaten Kampar.

Sekitar 16 orang Polwan Polres Kampar dari beberapa Satuan Fungsi yang ada, memberikan imbauan ini, Jumat (23/04/2021), di Kota Bangkinang. Tak hanya itu, mereka juga memberikan imbauan lewat Radio Swara Kampar milik Pemkab Kampar.

Kegiatan sosialisasi larangan mudik ini diawali apel persiapan di halaman Mapolres Kampar yang dipimpin Kabag Ops Kompol Rachmad Muchamad Salihi didampingi Kasat Lantas AKP Angga Wahyu Prihantoro.

Pada kesempatan itu, Kompol Rachmad M Salihi yang akan dilantik sebagai Waka Polres Kampar menyampaikan arahan kepada para Polwan agar dalam pelaksanaan kegiatannya tetap mempedomani protokol kesehatan. 

"Sasaran imbauan ini adalah para perantau dan pendatang yang ada di Kabupaten Kampar, supaya mereka tidak melakukan mudik atau keluar daerah mulai tanggal 6-17 Mei 2021 guna mencegah meluasnya penyebaran Covid-19," ujarnya.

Selanjutnya, seluruh Polwan yang ditugaskan ini berangkat dengan beberapa kendaraan dinas atau kendaraan taktis Polri yang dilengkapi alat pengeras suara.

Sambil mengitari Kota Bangkinang mereka menyampaikan imbauan untuk tidak mudik kepada masyarakat khususnya para perantau yang ada di Kabupaten Kampar. Mereka juga berhenti dibeberapa lokasi keramaian atau tempat fasilitas umum seperti kawasan pasar dan terminal untuk menyampaikan imbauan larangan mudik ini kepada masyarakat secara tatap muka.

Tak lupa mereka juga menyampaikan agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M untuk mencegah penyebaran Covid-19, mereka juga membagi-bagikan masker yang dipersiapkan untuk masyarakat yang membutuhkannya.

"Terakhir mereka melakukan sosialisasi larangan mudik ini melalui Radio Swara Kampar milik Pemkab Kampar, yang disiarkan secara langsung dari stasiun radio tersebut. Kegiatan sosialisasi larangan mudik oleh Polwan Polres Kampar ini berakhir sekira pukul 10.30 WIB dan berlangsung dengan lancar," pungkasnya.--yus.