Bupati Siak Imbau Masyarakat Tingkatkan Zakat dan Infak 


Selasa, 20 April 2021 - 22:50:23 WIB
Bupati Siak Imbau Masyarakat Tingkatkan Zakat dan Infak  Bupati Siak, Alfedri menyerahkan zakat kepada salah seorang mustahik pada penyaluran zakat tahap II di Masjid Al Hidayah, Sungai Apit, Selasa (20/4/2021). | Foto : Istimewa.

RIAUIN.COM- Bupati Siak, Alfedri mengimbau dan mengingatkan kembali warga Kabupaten Siak untuk menyalurkan zakatnya. Hal itu disampaikan Bupati pada kegiatan Gerakan Masyarakat Berzakat (Gemar) ke-VIII dan penyaluran zakat tahap II tahun 2021 di Kecamatan Sungai Apit.

"Saya kembali mengingatkan kepada masyarakat yang telah memiliki harta sampai nisabnya, dan mempunyai harta berlebih agar membayarkan zakat kepada Baznas Kabupaten Siak, maupun Badan Amil Zakat yang ada di kecamatan maupun kampung. Dan mengingatkan agar perbanyak berinfak apalagi di Bulan Ramadhan ini,"  kata Alfedri di Masjid Al Hidayah, Sungai Apit, Selasa (20/4/2021). 

Alfedri juga menyampaikan kepada para muzaki dan mustahil yang hadir, zakat yang disalurkan kepada mustahik merupakan hasil pengumpulan zakat yang telah di tunaikan para muzaki di Kecamatan Sungai Apit. 

"Maka dari itu diharapkan kepada para mustahik yang telah menerima zakat agar dapat mendoakan para muzaki (orang yang mengeluarkan zakat) agar senantiasa diberikan rejeki yang berlipat ganda dan diberikan kesehatan dan kekuatan, serta mendapat berkah," ujarnya.  

Lebih lanjut, Alfedri mengingatkan masyarakat yang belum menunaikan zakatnya, baik itu zakat hasil pertanian, zakat penghasilan dan zakat profesi agar menunaikan zakatnya.

"Kalau lah haul dan nisabnya telah sampai sesuai aturan syariat, tidak dibayarkan zakatnya, maka sama kita memakan hak orang lain," ucapnya. 

Alfedri menjelaskan, banyak permasalahan ekonomi masyarakat yang telah terbantu dari Baznas Kabupaten Siak, melalui zakat pola produktif, seperti modal usaha perternakan, pertanian dan berdagang.

"Maka dari itu marilah kita salurkan zakat kita ke Baznas Kabupaten Siak, agar para mustahik (kaum duafa dan pakir miskin, red) kita semakin banyak terbantu," ujar Alfedri.

Ketua Baznas Kabupaten Siak, H Abdul Rasyid Suharto Pua Upa M.Ed melalui Wakil Ketua Bidang Pengumpulan, Ustd H Samparis Bin Tatan menyebutkan, penyaluran zakat tahap II di Kecamatan Sungai Apit pola konsumtif berjumlah 97 orang, masing-masing menerima Rp700.000. Sedangkan pengumpulan zakat pada acara Gemar Siak Berzakat VIII di Kecamatan Sungai Apit terkumpul Rp37.700.000. -infotorial/vie