Jelang PSU di Desa Ringin, Pj Bupati Inhu Ingatkan ASN Jaga Netralitas


Sabtu, 17 April 2021 - 14:42:35 WIB
Jelang PSU di Desa Ringin, Pj Bupati Inhu Ingatkan ASN Jaga Netralitas Chairul Rizki.

RIAUIN.COM - Pj Bupati Inhu Chairul Riski kembali mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Inhu agar tetap menjaga netralitas saat pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Desa Ringin, Kecamatan Batang Gansal.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU, lanjut Rizki, pelaksanaan PSU ini akan digelar Selasa (20/4/2021) mendatang.

"Saya sudah menandatangani dan menyampaikan surat edaran dan mengimbau untuk seluruh ASN di lingkungan Pembkab Inhu, agar menjunjung tinggi netralitas ASN dalam menghadapi PSU di TPS 3 Desa Ringin. Tidak hanya ASN, seluruh pegawai honorer Satpol PP yang saat ini berjaga di TPS 3, juga diharapkan dapat menjunjung tinggi netralitas," ungkap Rizki, Sabtu (17/4/2021).

Dia menyebutkan, netralitas sangat menentukan dalam mewujudkan sistem dan tata kelola pemerintahan yang bersih dan kuat. Terlebih lagi, sesuai aturan yang berlaku, bahwa ASN dilarang untuk berpolitik praktis.

"Ini sesuai dengan aturan Undang-undang tentang ASN soal netralitas dalam pelaksanaan Pilkada. Semua jelas, jangan ada yang nekat melanggar aturan. Jika terjadi, maka dengan segala resiko dan sanksi yang ada. Saya ingatkan sekali lagi, fokus saja lah sesuai dengan tupoksinya," imbaunya.

Selain itu, Riski juga mengingatkan kepada kepala desa setempat harus menjunjung netralitas dalam pelaksanaan PSU pemilihan bupati dan wakil bupati 2020.

Untuk mensukseskan pelaksanaan PSU, Jumat (16/4/2021) kemaren, Pj Bupati Inhu bersama Forkominda, KPU, Bawaslu dan OPD terkait menggelar rapat persiapan pelaksanaan PSU yang digelar dilantai IV Kantor Bupati Inhu.--argus.