Manfaatkan Lahan Tidur di Kompleks Gubernuran, Syamsuar Panen Jagung dan Labu


Selasa, 13 April 2021 - 18:07:39 WIB
Manfaatkan Lahan Tidur di Kompleks Gubernuran, Syamsuar Panen Jagung dan Labu Gubernur Riau, H Syamsuar dan Istri Hj Mirnarni Syamsuar ketika panen labu dan jagung hasil pemanfaatan lahan tidur di ujung Jalan Petala Bumi Kompleks Gubernuran, Minggu (11/4/2021) | Foto: Istimewa

RIAUIN.COM- Gubernur Riau, H Syamsuar Minggu (11/4/2/2021) pagi panen buah-buahan yang ditanam di belakang kompleks Gubernuran Jalan Petala Bumi. Kegiatan panen pagi itu merupakan hasil bercocok tanam tiga bulan lalu.

Didampingi istri, Hj Misnarni Syamsuar, Gubri tampak semangat menunjukkan hasil panen dari lahan tidur di ujung Jalan Petala Bumi. Selama ini lahan yang tidak telalu luas itu hanya dipenuhi dengan semak belukar. 

"Tiga bulan lalu lahan ini masih semak belukar. Sekarang kita sudah memetik hasil panenya," kata Gubri yang turut menemani istrinya memanen buah-buahan. 

Pemanfaatan lahan tidur, lanjut Gubri merupakan program Pemerintah Pusat dan harus diterapkan di daerah. Jika ditanami, maka hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan sendiri dan bila hasilnya banyak dapat dijual dan menghasilkan uang.

"Ini salah satu contoh pemanfaatan lahan tidur, hasilnya sangat luar biasa. Karena itu mari kita manfaatkan lahan yang ada, jangan terpaku dengan luas lahan," ujarnya.

Bila lahan kosong itu kecil bisa memanfaatkan teknologi hydroponic. Pemanfaatan lahan ini merupakan gerakan bersama dalam ketahanan pangan.

Sementara itu Misnarni yang juga Ketua TP PKK Provinsi Riau tampak puas dengan hasil bercocok tanamnya. Tanaman yang dipanen diantaranya jagung, labu, kacang merah, buah-buahan sampai tanaman bumbu dapur pun ada di sana.

"Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan panen hari ini. Nanti, hasilnya akan kami bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya. -adv